get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Semalam Mojokerto Gempa, Getaran Sampai ke Surabaya hingga Pasuruan

Selasa, 20 Juni 2023 | 08:50 WIB
header img
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa kekuatan M4,6 di Mojokerto tadi malam sebabkan kerusakan ringan pada bangunan rumah di Desa Penanggungan, Kecamatan Ngoro. Foto Okezone

MOJOKERTO, iNewsSurabaya.id – Kabar mengejutkan muncul dari Mojokerto. Bumi Majapahit ini diguncang gempa dengan kekuatan M4,6 hingga getarannya dirasakan di Kota Surabaya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa kekuatan M4,6 di Mojokerto tadi malam sebabkan kerusakan ringan pada bangunan rumah di Desa Penanggungan, Kecamatan Ngoro.

“Dampak Gempa Mojokerto terjadi kerusakan ringan pada bangunan rumah di Ds. Penanggungan kec. Ngoro,” ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dikutip dalam keterangannya, Selasa (20/6/2023).

Diketahui, gempa terjadi Senin, 19 Juni 2023 pukul 20:44:01 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,6.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.49 LS dan 112.54 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km timur Laut Kab. Mojokerto, Jawa Timur pada kedalaman 9 km.

 “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif dengan mekanisme geser (strike-slip),” kata Daryono.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut