get app
inews
Aa Read Next : Pulau Madura Jadi Penyumbang Terbesar Kemiskinan di Jatim

Prestasi Membanggakan di Tahun 2022, Kunjungan Wisatawan di Sumenep Naik 300 Persen

Sabtu, 24 Juni 2023 | 20:13 WIB
header img
Wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Sumenep semakin meningkat tajam. Foto: MNC Portal/Lukman

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Torehan prestasi membanggakan dalam bidang pariwisata berhasil diraih oleh kabupaten Sumenep pada tahun 2022. Hal itu dibuktikan dengan kenaikan jumlah wisatawan yang mencapai 300 persen di ujung timur pulau Madura tersebut.

Kenaikan sebesar 300 persen itu menjadi bukti keberhasilan bupati Sumenep Achmad Fauzi memajukan sektor wisata di wilayahnya. 
Dari data yang dirilis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumenep menyebut, hingga bulan Desember 2022 jumlah kunjungan wisata mencapai 1,05 juta orang. Jumlah itu naik 809 ribu dari tahun 2021 yang hanya 248 ribu wisatawan.

Dari data yang dihimpun, sampai akhir tahun 2022 kunjungan wisatawan ke kabupaten Sumenep melonjak drastis. Para wisatawan berkunjung karena terpesona dengan keindahan alam dan keunikan budaya di ujung timur pulau Madura itu.

"Kunjungan wisatawan meningkat pesat. Para wisatawan memang sangat menikmati panorama alam dan uniknya budaya lokal Sumenep, "kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo melalui sambungan telepon, Sabtu (24/6/2023).

Cak Fauzi mengaku bersyukur dengan peningkatan kunjungan wisatawan itu karena berdampak signifikan terhadap perekonomian di kabupaten Sumenep. Kunjungan wisatawan menghidupkan sektor UMKM dan membuka lapangan kerja baru, bagi masyarakat di pedesaan.

"Kami berterima kasih kepada para wisatawan, karena itu memberikan keberkahan tersendiri bagi masyarakat Sumenep Karena UMKM kami tumbuh dan pengangguran terbuka kami  penurunannya paling baik di Jawa timur,” katanya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut