get app
inews
Aa Read Next : Finalis Cak dan Ning Surabaya Lakukan Penganiayaan di Kampus UWKS, Ini Kronologinya

Pertajam Pemahaman Mahasiswa, FEB UWKS Gelar Kuliah Tamu Ekspor Impor

Rabu, 12 Januari 2022 | 16:47 WIB
header img
Mahasiswa dan pembicara foto bersama usai kuliah tamu Ekspor Impor, di Bangsal Poncowaliko UWKS, Rabu (12/01/2022). (Foto: Dok UWKS)

SURABAYA, iNews.id - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) menggelar kuliah tamu Ekspor Impor, di Bangsal Poncowaliko UWKS, Rabu (12/01/2022).

Kuliah tamu dengan menghadirkan para pembicara dari KPPBC Tipe Madya Bea Cukai Pabean Tanjung Perak Surabaya, yakni Iman Hakiki Nurifa dan Thoriq Rivaldi Novendra ini untuk mempertajam pemahaman mahasiswa di bidang kepaabeanan, tertama terkait aturan dan prosedur ekspor impor di Indonesia.

Kaprodi Manajemen FEB UWKS, Dr. Kristiningsih, SE, MSi, menuturkan bahwa acara kuliah tamu ekspor impor yang diikuti 210 mahasiswa smester 7 prodi manajemen dan prodi ekonomi pembangunan yang sedang mengampu mata kuliah ekpor impor tersebut untuk menunjang aktivitas perkuliahan di kelas. 

"Agar mahasiswa memiliki informasi yang update dan terbaru terkait aturan dan prosedur ekspor impor di Indonesia," katanya.

Kristiningsih mengungkapkan, kuliah tamu ini selaras dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Yakni setiap perguruan tinggi dituntut untuk lebih adaptif berbasis luaran yang lebih konkret. 

Kebijakan tersebut, lanjutnya, juga menjadi alat ukur untuk mengakselerasi implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Salah satu indikator kinerja utama tersebut adalah Keberadaan Praktisi Mengajar di Kampus. 

"Maka kegiatan kuliah tamu ini dengan mengundang Narasumber dari Bea cukai merupakan langkah yang tepat untuk mewujudkan kinerja tersebut," tegasnya.

Ia menegaskan, Bea Cukai sebagai lembaga yang menyelenggarakan pelayanan dan pengawasan berkaitan dengan barang keluar dan masuk ke wilayah kepabeanan Republik Indonesia, merupakan lembaga yang tepat untuk berguru bagi mahasiswa program studi manajemen, ekonomi pembangunan dan akuntansi. Mahasiswa bisa belajar lebih mandalam mengenai perdagangan internasional dan  prosedur ekspor impor di Indonesia. 

"Oleh karena itu saya berharap para mahasiswa dapat menimba ilmu dalam kegiatan kuliah tamu kuliah tamu ini," terangnya.

Kristiningsih berharap kerjasama antara FEB UWKS dengan KPPBC Tipe madya Bea Cukai Pabean Tanjung Perak Surabaya terus berlanjut. Sehingga mahasiswa memiliki kesempatan magang untuk belajar secara langsung tentang praktik kepabeanan.

"Kami berharap adanya kerjasama dalam jangka panjang dengan Bea cukai ke depan, untuk acara kuliah tamu maupun kesempatan magang bagi mahasiswa kami sehingga dapat belajar secara langsung tentang praktik kepabeanan," tandasnya.

Kegiatan kuliah tamu yang di Ketuai oleh Kepala Laboratorium Ekspor Impor FEB UWKS, Tricahyo purnomo, SE, MM ini juga dihadiri oleh Dekan FEB UWKS, para Wakil Dekan, serta Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FEB UWKS. Diskusi berjalan lancar dengan berbagai pertanyaan dari mahasiswa yang terus mengalir. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut