get app
inews
Aa Read Next : Kisah Jemaah Haji Jombang, Gagal Berangkat ke Makkah Karena Hamil, Begini Perjuangannya

Kapan Umroh Musim ini Dimulai?

Jum'at, 07 Juli 2023 | 15:34 WIB
header img
Almira Travel akan memberangkatan Jemaah Umroh mulai pada Agustus 2023. Foto/Almira Travel

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Musim Haji tahun ini sudah selesai.  Hal itu ditandai dengan Thawaf Wada Jama’ah Haji yang sudah dilaksanakan beberapa hari yang lalu. 

Pemerintah Saudi Arabia telah berhasil melayani 1.845.045 Jemaah Haji seluruh Dunia, termasuk didalam nya 229.000 Jemaah Haji Kuota Pemerintah Indonesia. 

Usai Hajian sampai akhir Dzulhijjah, selanjutnya akan diramaikan dengan informasi kepulangan Jemaah Haji ke tanah air. Setelah Dzulhijjah, biasanya pemerintah Arab Saudia akan membuka kembali penyelenggaraan Umroh pada bulan Muharram.  

Ayi Anwar Musadad, Direktur Almira Travel - PT. Almira Berkah Abadi saat Acara Sosialisasi persiapan Umroh musim depan untuk seluru karyawan dan cabang resmi Almira Travel di seluruh Indonesia menjelaskan, bahwa musim Umroh tahun 1444H pun dimulai pada tanggal 1 Muharam.

"Dan InsyaAllah tahun ini juga akan diberlakukan aturan yang sam," terangnya. Menurut kalender Hijriah Saudi Arabia, 1 Muharam bertepatan dengan tanggal 18 Juli 2023 waktu Indonesia. 

Hal ini juga dikuatkan dengan dikeluarkan nya Visa Jemaah Umroh Indonesia. Visa yang dikeluarkan secara elektronik sudah dikeluarkan per tanggal 6 Juli 2023, dengan validitas visa 90 hari dan durasi stay 90 hari. 

Visa bisa didapatkan melalui Travel PPIU atau Perusahaan Penyelenggara Ibadah Umroh di Indonesia yang bekerja sama dengan Provider Visa di Arab Saudia.

Ayi Anwar Musadad mengungkapkan, pemerintah saudi arabia biasanya merelease persyaratan dan peraturan berkaitan masuknya Jemaah Umroh dari seluruh negara setelah musim haji.  

Namun sampai saat ini, belum ada pengumuman resmi sebagaimana sebelumnya berkaitan dengan persyaratan detail musim Umroh 1445 H tahun ini. 

"Yang jelas, dari Visa yang keluar 6 Juni kemarin, masih menggunakan persyaratan sebelumnya di sistem yang diberlakukan Pemerintah Saudia," ungkapnya

Bagaimana Peraturan Umroh Ke Depan?

Pemerintah Saudi Arabia terus memperbaiki sistem Penyelenggaraan Umroh di Saudi Arabia. Terbukti dengan digitalisasi termassif pada musim 1444H kemarin, Saudi Arabia mencatatkan rekor menarik.

Sebagaimana disampaikan Menteri Haji dan Umroh Saudi Arabia, Dr. Tawfiq bin Fawzan Al Rabiah, pada 1 Juli 2023 di Account Twitter Kementrian Haji Saudi Arabia @mohu_en. "Tahun ini 1444H (Juli 2022 - Juni 2023). jumlah jamaah umrah yang datang ke Kerajaan Arab Saudia melebihi sepuluh juta, tertinggi dalam sejarah," sebutnya

Dipastikan, tren yang sangat baik ini akan terus dilanjutkan sesuai dengan Visi Saudi 2030 yang ingin menampung 30 Juta Jama’ah Umroh dalam satu Musim.

Pemerintah Saudi Arabia sangat serius dengan pelayanan Umroh dan Haji sebagai prioritas layanan negara, termasuk umroh untuk Masyarakat Indonesia.

Jika ada Peraturan Umroh terbaru, termasuk untuk Indonesia, biasanya akan disampaikan dalam beberapa hari ke depan melalui release Resmi, dan diikuti oleh Peraturan turunan lainnya seperti dari GACA, kementrian dalam negeri dan lainnya jika ada pembaharuan. 

Termasuk Kementrian Agama, jika ada perubahan aturan yang signifikan, biasanya Pemerintah Indonesia mengeluarkan Aturan atau pengumuman terkait regulasi Penyelenggaraan Umroh dari Indonesia. 

Hal ini untuk menjamin penyelenggaraan Umroh dari indonesia lebih Profesional dan dapat diawasi oleh Pemerintah untuk kemaslahatan Jemaah Umroh Indonesia.

Kapan sebaiknya masyarakat Indonesia melakukan Umroh di Awal Musim?

"Lebih Cepat, lebih baik. itu lah semangat para Jemaah Indonesia. Akan tetapi, kami para Travel di Indonesia biasanya menentukan keberangkatan di Minggu ke-2 bulan Muharram," ujar Ayi Anwar Musadad 

Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan regulasi perubahan peraturan, pemerintah Saudi Arabia biasanya menerapkan aturan baru.

"Dan kami harus betul-betul mempersiapkan keberangkatan supaya terjamin keamanan nya, kenyamanan dan kepastian layanan lainnya," imbuhnya.

Ayi Anwar Musadad  menuturkan, di masa Pandemi terdapat aturan-aturan yang harus dijalankan untuk Umroh. Misalnya ada aturan Karantina, aturan Swab, aturan sistem memasuki Masjid dan memasuki Raudhah, hingga vaksin tertentu.

"Kemudian ada aturan jatah Umroh sesuai sistem, dan aturan-aturan lainnya yang sekalipun sudah dihapuskan pemerintah dalam musim berjalan musim lalu dan memberikan kelonggaran, kita tetap harus bersabar menunggu kejelasan informasi aturan umroh di Saudi Arabia maupun di Indonesia,"  paparnya.

Tentunya dalam persiapan Umroh yang lebih baik, harus benar-benar menyiapkan persiapan paket layanan Umroh yang betul-betul aman dan nyaman untuk jemaah Umroh. 

"Jadi akan lebih baik jika seluruh jama’ah dan penyelenggara memahami peraturan yang detail dan tepat untuk mempersiapkan penyelenggaraan,"  tuturnya.

Musim Umroh di tahun 2023 ini

Musim ini, Almira Travel akan memberangkatan Jemaah Umroh mulai pada Agustus 2023. Ayi Anwar Musadad mengatakan pihaknya menyediakan paket Umroh Premium, VIP dan Private, dan memastikan seluruh kebutuhan dan keinginan anda dalam melaksanakan Umrah bisa dilayani dengan baik.

Almira Travel juga tetap membuka Pendaftaran dan layanan Untuk Pendaftaran haji Khusus Kuota Pemerintah dengan estimasi keberangkatan 2030 (6-7 Tahun Antrian) dan Pendaftaran Haji Furoda untuk Keberangkatan Tahun 2024. Pendaftaran haji ini dibuka setiap hari baik di musim umroh maupun musim haji.

"Semoga seluruh pembaca yang budiman bisa Allah undang ke Baitullah dengan cepat dan mudah, dan semoga Allah memberikan rezeki untuk kita semua bisa menunaikan Umroh dan Haji bersama Almira Travel," tutupnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut