get app
inews
Aa Read Next : Theraskin Goes To Campus Ajak Anak Muda Peduli Kesehatan Kulit Wajah

Terungkap! Ini Pantangan bagi Kulit Berjerawat

Minggu, 09 Juli 2023 | 15:30 WIB
header img
dr Feliciana Soenjoto (kiri), Nutritionist Maria Eleonora (tengah) dan Owner Toby's Estate, Steven Tjan. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Memiliki kulit wajah berminyak dan berjerawat memang butuh kerja keras untuk menjaganya agar tetap segar dan jerawat tidak kambuhan. Bukan hanya perkara produk kecantikan apa yang dipakai, namun asupan makanan ternyata juga harus diperhatikan.

Dokter Aesthetic dari Maharva Clinic, dr. Feliciana Soenjoto menuturkan bagi yang memiliki kulit wajah berminyak dan berjerawat, konsumsi dairy berupa susu dan produk olahannya tidak disarankan. Termasuk oat milk karena ada tambahan minyak dalam pengolahannya. 

"Bukan tidak boleh, tapi kurangi konsumsinya supaya balance. Pokoknya yang paling jahat bagi kulit berjerawat adalah dairy," tuturnya saat memberikan materi Healty Food is Needed for Diet and Healthy Skin di Tobys Estate La Viz Pakuwon Mall, Sabtu (08/7/2023).

Ia menjelaskan, makanan atau minuman mengandung susu dan telur dapat memicu hormon yang bisa menimbulkan jerawat. Menurutnya, kandungan dairy produk dan minyak di dalam makanan tersebut dapat memicu perkembangan jerawat. 

Sebab, tak sedikit dari makanan tersebut mengandung zat hormon progesteron yang meningkatkan kelenjar penghasil lemak, sehingga membuat kulit wajah semakin berminyak dan berjerawat.

Dalam perkembangannya, penggunaan susu kerap dicampurkan dengan makanan manis. Seperti minuman cokelat susu maupun es krim. Meskipun makanan manis tersebut tidak seutuhnya menjadi penyebab jerawat, namun tetap saja mengandung dairy produk.

Feliciana menyarankan untuk menghindari atau mengurangi makanan maupun minuman yang tidak hanya bisa menimbulkan jerawat tetapi juga dapat memicu masalah kesehatan tubuh.

Sementara itu, Nutrisionis Maria Eleonora A, S.TP menyebutkan bahwa almond milk sangat cocok sebagai pengganti dairy atau susu. Karena memiliki teksur creamy sehingga tak perlu tambahan lemak atau minyak dalam proses produksi. Almond sendiri bisa dinikmati oleh penderita asam urat karena bukan jenis kacang tanah. 

"Almond tumbuh di pohon (nut tree)," ucapnya.

Minuman kopi less sugar dan less milk juga bisa menjadi pilihan. Jika ingin manis, cukup tambahkan 20 persen gula dari takaran pada umumnya. Atau ganti gula dengan madu. Karena gula adalah sumber dari segala masalah kesehatan tubuh. 

Memaksimalkan diet dan gaya hidup, ia menyarankan memilih asupan seimbang pada makanan. Apalagi jika nongkrong di cafe,  konsumsi gula dan karbohidrat kerap tak terkontrol. 

Diet sehat dan nikmat bonus kulit glowing dimulai dari konsumsi makanan sehari-hari. Demikian Maria Eleonora membagi rahasia. 

Perbanyak makanan berserat seperti whole wheat (gandum utuh) seperti Shokupan Toast bertekstur lembut. Shokupan sendiri merupakan sebutan roti untuk makan khas Jepang.

Maria juga memberikan tips terkait kesehatan tubuh dan kesehatan kulit. Dalam segi makanan, ia menyarankan untuk mengurangi makanan maupun minuman dengan kandungan gula tinggi maupun berlemak.

Selain itu, penting untuk dapat mengatur pola makan, istirahat minimal enam jam dan olahraga rutin.

“Kalau ngomongin roti, termasuk dalam memilih selai pada roti. Biasanya selai itu sebenarnya komposisinya 80 persen gula dan tambahan lainnya,” tuturnya.

Sebagai seseorang yang fokus pada teknologi pangan dan gizi, Maria menciptakan roti dengan berbagai selai rendah gula. Seperti selai kacang hazelnut, dark chocolate dan almond.

“Komposisinya tidak ada tambahan gula. Manisnya dari dark chocolate yang sudah ada sedikit gula. Awalnya dulu saya bikin selai dulu kemudian bikin roti,” ungkap Owner dari Nudebake Toast ini.

Dalam hal roti, ia membawa konsep Shokupan Toast yang identik dengan roti Jepang. Shokupan terkenal dengan roti susu Jepang. Karena berfokus pada roti tanpa produk dairy, Maria membuat shokupan tanpa susu.

“Shokupan teksturnya lembut dan enak. Biasanya kan rasanya susu. Tapi saya buat sedemikian rupa yang tidak ada susu atau produk dairy. Tidak semua orang bisa membuat supaya shokupan bebas dari telur dan susu,” terangnya.

Jika biasanya bahan roti adalah gula, tepung, susu dan butter, kali ini Maria berupaya membuat shokupan tanpa bahan dairy produk namun tetap lembut.

Konsumsi roti shokupan gandum dinilai dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit seperti jerawat akibat dairy produk, membantu menjaga berat badan tubuh atau program diet dan melancarkan sistem pencernaan.

“Roti sarapan secukupnya, dua slice tebal dan selai. Kalorinya sekitar 300 kalori dan itu konsumsi sarapan normal,” jelasnya.

Maria kerap menyertakan informasi kalori pada produk roti miliknya. Tidak hanya menciptakan makanan roti yang enak namun juga difokuskan pada kesehatan.

Maria mengungkapkan, ada varian rotinya yang diperuntukan bagi penderita diabetes hingga pasien yang menjalani kemoterapi kanker.

“Kita selalu tanyakan apakah ada alergi, pengen diet atau diabetes kita beri edukasi untuk konsumsi produk roti kami. Ada juga yang kemoterapi kanker dan gluten free yang bisa kami pilihkan produk kami. Misalnya anak berkebutuhan khusus dan kemoterapi itu kami sarankan yang gluten free,” tuturnya.

Director PT Petarung Group yang menaungi Toby’s Estate Steven Johnson Tjan turut mendukung gelaran event makanan sehat.

“Ada event seperti ini menambah wawasan juga, bisa ngumpul-ngumpul dan memang konsep kami juga Australian Brunch,” kata dia.

Toby’s Estate menyajikan speciality coffee sebagai menu andalan. Speciality coffee roaster adalah kualitas kopi yang lebih tinggi dari kopi normal.

Selain itu juga menyediakan makanan istimewa yang terdiri dari sajian breakfast, pasta, steak, burger & sandwich, asian food hingga dessert.

“Kami tidak bisa bikin semua super healthy tapi kami jaga senyaman mungkin. Kopi ada almond milk, soy milk, ada yang low fat dan banyak varian yang mungkin tidak nyaman atau lactose intolerance,” tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut