get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Bank Sampah Terdeteksi Miliki Potensi Ekonomi Besar, Kok Bisa, Ini Kata Wali Kota Eri Cahyadi

Selasa, 11 Juli 2023 | 13:09 WIB
header img
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melihat Bank Sampah Terdeteksi Miliki Potensi Ekonomi Besar. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Bank Sampah ternyata memiliki potensi ekonomi yang cukup besar. Fakta ini diungkapkan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam event lomba Kampung Surabaya Hebat (KSH) tahun 2023. 

Eri langsung meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk membentuk Bank Sampah Induk atau tingkat kota. Pembentukan Bank Sampah Induk diharapkan dapat menggerakkan ekonomi sirkular warga Surabaya melalui pemilahan dan pengelolaan sampah.

"Bank sampah sudah ada di tingkat kelurahan, tapi saya inginnya di tingkat kota juga ada. Karena jangan sampai di tingkat kelurahan dia (warga) bingung menjualnya dan diambil oleh tengkulak," kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Wali Kota Eri menggagas pembentukan bank sampah tingkat kota tersebut. Dengan begitu, nantinya bank sampah RW akan mengambil dari rumah tangga yang sudah dipilah. Sampah yang sudah terkumpul di bank sampah RW, lantas dikirim ke kelurahan dan ke tingkat kota.

"Jadi bank sampah tingkat kota yang berhubungan dengan pabrik. Sehingga ini ada sirkulasi ekonominya, karena sampah itu menghasilkan ekonomi yang besar. Bahkan yang (sampah) sachet, di-press itu sudah siap kirim ekspor," jelasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut