get app
inews
Aa Read Next : Nahdlatul Ulama Dapat Izin Usaha Pertambangan Ketum PBNU Sebut Mengurus Umat Butuh Biaya

Gubernur Khofifah Resmikan E-Pasir, Layanan Pembayaran Pajak Pasir Berbasis Digital

Selasa, 11 Juli 2023 | 13:57 WIB
header img
Gubernur Khofifah meresmikan e-pasir atau e-pajak pasir stockpile (tempat penampungan sementara) pasir terpadu di Desa Sumbersuko, Kabupaten Lumajang. Foto/Lukman

LUMAJANG, iNewsSurabaya.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meresmikan e-pasir atau e-pajak pasir stockpile (tempat penampungan sementara) pasir terpadu di Desa Sumbersuko, Kabupaten Lumajang. 

Stockpile pasir terpadu seluas 11,4 hektare ini mulai di bangun sejak Februari 2022. Saat ini, stockpile tersebut mampu mewadahi 13 pemilik Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP) dan menampung 37 pemilik stockpile (non IUP OP).

Gubernur Khofifah mengapresiasi inovasi pembayaran pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) berbasis elektronik yang diterapkan pada stockpile tersebut. Inovasi sistem MBLB berbasis elektronik ini dinamakan e-Pajak Pasir. 

"Inovasi ini diharapkan dapat mencegah kebocoran penerimaan pajak pasir di Lumajang," katanya, Selasa (11/7/2023).

Khofifah menjelaskan, setiap truk pasir yang masuk ke stockpile akan melakukan tap kartu yang berisikan saldo. Sistem akan otomatis memindahbukukan saldo di dalamnya untuk melakukan pembayaran pajak pasir. Dengan demikian, maka penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan meningkat karena kebocorannya dapat diminimalkan. 

“Digitalisasi sistem yang dilakukan tidak hanya berguna untuk perpajakannya saja, tapi juga termanage lingkungannya dan termanage daya dukung alamnya termasuk akses infrastrukturnya,” terangnya. 

Menurut Khofifah, Pemprov Jatim sebagai pihak yang menerbitkan izin stockpile terpadu dalam bentuk Izin Usaha Pertambangan Pengangkutan dan Penjualan  (IUP-PP) perlu terus menguatkan sinergi dengan Pemkab Lumajang. 

Termasuk dalam setiap proses penerbitan IUP OP sebagai syarat penyewa kavling di stockpile. Sinergi tersebut akan menjadi bagian penting dari seluruh kegiatan eksplorasi tambang agar tetap berseiring dengan upaya menjaga daya dukung alam tetap terjaga.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut