SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Susu adalah jenis minuman favorit yang digemari oleh banyak kalangan, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Seiring perkembangan waktu pun, susu semakin banyak hadir dengan beragam sajian, mulai dari susu siap minum dengan rasa buah-buahan yang menarik.
Berdasarkan laporan Nielsen Retail Audit FY2022 lalu, peluang market liquid milk sendiri pun tercatat tumbuh hingga 12% dari tahun sebelumnya.
Berbicara tentang susu, ada satu jenis susu yang sedang ramai beredar di linimasa media sosial. Mulai dari selebriti seperti Nagita Slavina dan Prince, hingga pelatih sepakbola Shin Tae Yong pun tertangkap sedang mengonsumsi susu ini.
Setelah diselidiki, susu ini merupakan susu korea yang dikeluarkan oleh produsen minuman ready to drink, ICHITAN. Lantas mengapa kehadiran susu korea ini mendadak ramai dan banyak dicoba oleh masyarakat Indonesia? Apa saja keistimewaannya?
Hadir dalam dua rasa unik
Sebagai sebuah produsen minuman ready to milk yang telah dikenal akan berbagai minuman populer sebelumnya, ICHITAN menghadirkan produk terbarunya dalam dua opsi rasa yang creamy dan fruity. Yaitu minuman rasa susu Korean banana “ICHITAN Korean Banana Milk” dan minuman rasa susu Korean strawberry “ICHITAN Korean Strawberry Milk”. Kedua rasa ini pun dipilih karena mewakili dua rasa populer susu Korea umumnya.
ICHITAN Korean milk ini menjadi susu Korea pertama di Indonesia yang disajikan dalam bentuk botol polyethylene terephthalate (PET). Penyajian seperti ini membuat pengalaman minum yang lebih praktis, dapat langsung diteguk, dan sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia.
Sasar penggemar kebudayaan Korea Selatan
Perkembangan Korean wave atau hallyu telah banyak tersebar di penjuru dunia, termasuk Indonesia. Mengutip riset yang dilakukan oleh Snapcart pada tahun 2022 lalu, 85 persen responden asal Indonesia mengaku menikmati kebudayaan dan hiburan asal Korea. Hal ini termasuk mempengaruhi minat masyarakat akan konsumsi produk Korea, termasuk makanan dan minuman yang kerap muncul di film/drama Korea favorit.
Gaet pelatih sepakbola asal Korea Selatan, Shin-Tae Yong
Untuk mempopulerkan kedua produk terbarunya ini, ICHITAN turut melibatkan mantan pemain bola Korea Selatan yang kini menjadi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong.
Sebagai seorang figur penting di Korea dan Indonesia, Shin Tae-Yong dianggap sebagai sosok yang tepat untuk memperkenalkan kedua Korean milk ini kepada masyarakat Indonesia.
President Director PT. Ichi Tan Indonesia, Tan Passakornnatee mengatakan popularitas kebudayaan Korea telah menjamur dan berkembang di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Hal ini turut berpengaruh pada konsumsi masyarakat pada produk-produk asal Korea.
"Semoga hadirnya susu Korea dari ICHITAN dapat mewarnai dan menambah semarak pilihan produk bagi para penggemar kebudayaan Korea di Indonesia” tuturnya.
Sebelumnya, ICHITAN telah banyak dikenal akan produk minuman yang digemari masyarakat dari berbagai lini seperti milk tea, coffee, juice, milk, dan isotonic. Pada tahun 2021 lalu, produk ICHITAN Thai Milk Tea dari PT Ichi Tan Indonesia pernah mendapatkan predikat milk tea no.1 di Indonesia oleh Nielsen.
Kini hadir di pasaran, ICHITAN Korean Banana Milk dan Korean Strawberry Milk dijual dengan harga Rp9.500. Kedua produk bisa didapatkan secara offline di supermarket dan minimarket hingga warung tradisional di seluruh Indonesia, maupun secara online di gerai marketplace.
Editor : Ali Masduki