get app
inews
Aa Read Next : Unusa Raih Peringkat ke-1 PTS Terbaik di Surabaya dan ke-7 PTS di Indonesia Versi Webometric 2024

621 Mahasiswa Unusa KKN, Ini Pesan Rektor Prof Jazidie

Kamis, 20 Juli 2023 | 12:06 WIB
header img
Mahasiswa peserta KKN 2023 mengikuti acara pelepasan, di halaman Tower Unusa Kampus B Jemursari Surabaya, Kamis (20/7/2023). Foto/Humas Unusa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Sebanyak 621 mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka tersebar di dua kecamatan di Kab. Gresik,  masing-masing Kecamatan Kedamean dan Kecamatan Driyorejo.

Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng. mengungkapkan, bahwa KKN menjadi suatu keharusan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa Unusa.  Karena melalui kegiatan KKN, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman berkomunikasi dan bersosialisasi bersama masyarakat secara langsung dengan berbagai dinamika persoalan yang mereka hadapi.

“Pada era revolusi industri 4.0, di samping mahasiswa memiliki hardskill yang sesuai disiplin ilmu yang ditekuni. Kalian (mahasiswa, Red) harus mempunyai ilmu untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan masyarakat, salah satunya melalui program kegiatan KKN ini,” ungkapnya saat melepas mahasiswa peserta KKN 2023 di halaman Tower Unusa Kampus B Jemursari Surabaya, Kamis (20/7).

Pria yang juga sebagai Guru besar Robotika Teknik Elektro ini menambahkan, bahwa ketika mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN, akan muncul berbagai gagasan-gagasan untuk membantu menyelesaikan persoalan di lokasi KKN. 

Nantinya gagasan mahasiswa dapat disampaikan ke masyarakat dan tidak hanya sampai dalam tahap gagasan saja, akan tetapi harus juga dikomunikasikan dengan baik kepada masyarakat yang ada di sana. 

“Komunikasi dan bersosialisasi merupakan kunci utama dalam kegiatan KKN yang akan dilaksanakan mahasiswa selama 3 minggu ke depan,” ungkapnya.

Jazidie menambahkan, ada beberapa tantangan bagi mahasiswa untuk menyukseskan kegiatan KKN mereka. Mahasiswa dapat membantu dan mengajak masyarakat untuk menyelesaikan persoalannya melalui solusi yang dimiliki mahasiswa.

Kemudian mahasiswa harus bisa bersosialisasi dan bekerjasama dengan masyarakat secara bersama-sama, serta mampu menerjemahkan gagasan-gagasan menjadi aksi nyata selama kegiatan KKN.

“Tiga hal tersebut dapat menjadikan mahasiswa dapat menjadi sosok yang dirindukan masyarakat. Kami juga titip kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN, untuk selalu menjaga nama baik Unusa di lokasi KKN kalian,” pungkasnya.
    
Pada pelaksanaan KKN tahun ini, semua peserta KKN, baik mahasiswa maupun dosen pendamping lapangan, memperoleh perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut