get app
inews
Aa Read Next : Sarmuji Miliki Peluang Dampingi Khofifah Pilgub Jatim, Posisi Emil Terancam, Ini Hitung-Hitungannya

Vaksinasi PMK pada Ternak di Jawa  Timur Capai 6,1 Juta Dosis

Senin, 24 Juli 2023 | 17:08 WIB
header img
Di Jawa Timur, vaksinasi PMK langsung digencarkan sejak PMK dinyatakan sebagai wabah nasional. Foto/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Jawa Timur hingga saat ini sudah mencapai 6,1 juta dosis. Jumlah tersebut berkontribusi sebesar 52% terhadap total vaksinasi PMK secara nasional.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Jawa Timur merupakan produsen sapi terbesar di Indonesia. Untuk itu, ketika penyakit PMK pertama kali muncul maka hal ini menjadi perhatian serius. Sebab dibutuhkan penanganan secara komprehensif. Tidak hanya di Jawa Timur, namun juga daerah-daerah lain. 

“Di Jawa Timur, vaksinasi PMK langsung kami gencarkan sejak PMK dinyatakan sebagai wabah nasional. Hingga hari ini, total sebanyak 6,1 juta dosis vaksin telah kami berikan," katanya, Senin (24/7/2023).

Ia menegaskan, hal ini semata-mata untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat selaku konsumen daging sapi. Selain itu juga untuk menjaga kepercayaan konsumen terkait kualitas daging sapi di Jatim. 

Selain menggencarkan vaksinasi, Khofifah juga mengeluarkan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 36 tahun 2022 tentang Pedoman Penanganan Wabah PMK  pada ternak. 

“Kami menilai perlu membuat kebijakan strategis sebab banyak sekali masyarakat Jatim yang bergantung hidup melalui peternakan sapi. Diharapkan kebijakan ini bisa menjaga ekosistem peternakan sapi di Jatim agar senantiasa baik,” jelasnya. 

Berkat penanganan dan kebijakan tersebut, kata dia, dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun saja wabah PMK di Jawa Timur berhasil dikendalikan. Berdarkan data Dinas Peternakan Jawa Timur, mulai bulan Agustus 2022 sampai dengan bulan Juni 2023 penyakit PMK terus mengalami penurunan sangat signifikan.

"Bahkan bisa dibilang bisa dikendalikan," tandas Khofifah.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut