get app
inews
Aa Read Next : Danamon Catat Pertumbuhan Dobel Digit pada Kuartal I Tahun 2024

Investasi Meningkat, Emil Sebut Jatim Jadi Rujukan Favorit Investor

Minggu, 13 Agustus 2023 | 15:52 WIB
header img
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyebut, realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) semester I Tahun 2023 terus meningkat. 

Realisasi investasi PMA tahun 2022 meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 25,42 persen menjadi 29,6 persen. Sedangkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tahun 2021 sebesar 31,5, naik di tahun 2022 menjadi 31,5 persen. 

“Mulai menunjukkan bahwa Jatim dilirik menjadi rujukan destinasi favorit untuk investor. Mudah-mudahan forum seperti ini semakin menambah gairah para pelaku usaha untuk terus berinvestasi di Jatim,” katanya, Minggu (13/8/2023).

Selain itu, realisasi investasi Jatim pada semester I 2023 menduduki peringkat ketiga nasional dengan kontribusi 9,0 persen terhadap realisasi nasional. Sementara serapan tenaga kerja selama 5 tahun terakhir atas realisasi investasi menunjukkan tren positif. 

Di tahun 2022, serapan tenaga kerja mencapai 147.149 orang sekaligus menjadi serapan tertinggi dalam 5 tahun terakhir. 

“Serapan tenaga kerja tahun 2022 atas realisasi PMA meningkat sebesar 3,1 persen sedangkan PMDN terkontraksi 0,5 persen,” ungkapnya.

Upaya menjaga dan meningkatkan kondusivitas tersebut, Emil mengatakan harus menjadi wasit yang baik dan adil antara para pekerja dengan dunia usaha. Artinya, harus menjaga kesejahteraan dari para pekerja, tetapi di sisi lain juga harus memastikan bahwa pelaku usaha bisa menjalankan dunia usahanya dengan fair.

“Menjaga kondusivitas, termasuk ketersediaan infrastruktur, memastikan perizinan semua bisa diproses dengan baik dan efisien serta menjaga stabilitas makro menjadi langkah yang kemudian kita lakukan untuk menjaga momentum ekonomi sehingga ada kepercayaan dari dunia usaha untuk berinvestasi,” terangnya.

Menurutnya, sektor yang masih memiliki peluang besar untuk dikembangkan di Jatim adalah manufaktur. Sebab, dalam memilih lokasi pabrik orang mencari akses, mencari SDM serta mencari aglomerasi. Artinya, agomerasi harus dekat dengan industri-industri lain karena mereka saling berkaitan satu sama lain. 

“Kenapa banyak yang berinvestasi di Jatim karena keterkaitan antar industrinya terbangun sangat baik sehingga berinvestasi di Jatim merasa tenang,” tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut