get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Wali Kota Dukung Peringatan Hari Santri di Surabaya, Ingatkan Resolusi Jihad Berawal dari Kiai

Rabu, 23 Agustus 2023 | 20:08 WIB
header img
Wali Kota Dukung Peringatan Hari Santri di Surabaya, Ingatkan Adanya Resolusi Jihad Berawal dari Kiai. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Peringatan Hari Santri tahun 2023 di Kota Surabaya bakal meriah. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyatakan siap memberikan suport penyelenggaraan peringatan Hari Santri, Oktober 2023 mendatang. 

Pernyataan Wali Kota disampaikan setelah menjadi narasumber seminar kebangsaan dengan tema 'Ngaji Kebangsaan, Nasionalisme Para Kyai dan Santri' di Hotel Majapahit, Kota Surabaya. Dengan tegas, Eri akan memberikan dukungan supaya peringatan Hari Santri sukses. 

"Peringatan Hari Santri selalu dilakukan di Surabaya. Saat ini Panglima Santri lah yang akan merancang apa kegiatan yang akan dilakukan di Surabaya," kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. 

"Pemerintah Kota akan sami'na waatokna untuk mendukung pelaksanaan Hari SantriSantri," ucapnya. 

Eri menuturkan, Surabaya tidak pernah lepas dari cerita Santri. Jika melihat sejarah, keberadaan perang 10 November berasal dari Santri, saat itu KH Hasyim Ashari membuat pernyataan Resolusi Jihad. Dengan pernyataan itu, akhirnya Santri membuat perlawanan pada penjajah. 

"Meskipun yang berjuang bukan hanya Santri, tetapi Resolusi Jihad menjadi awal perlawanan sengit terhadap penjajah," ujar dia. 

Sementara itu, Panglima Santri, Habib Umarsyah HS mengaku berterima kasih atas suport yang akan diberikan Wali Kota Surabaya dalam memperingati Hari Santri di Surabaya. "Kami sangat senang dengan suport Pak Wali (Wali Kota Eri Cahyadi)," katanya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut