get app
inews
Aa Read Next : Kampus Tak Boleh Beri Jabatan, Kepada Dosen Penerima Beasiswa BPI

Gelar Refleksi Tragedi 98 dan Pelanggaran HAM, Milenial Surabaya Menolak Lupa

Jum'at, 01 September 2023 | 18:18 WIB
header img
Diskusi Refleksi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tema "98 Wujud Nyata Masa Kelam", dihelat di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Kamis (01/9/2023) malam. Foto/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Gerakan Pemuda Surabaya menggelar diskusi Refleksi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tema "98 Wujud Nyata Masa Kelam", dihelat di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Kamis (01/9/2023) malam.

Acara menghadirkan narasumber pengamat politik senior Prof. Hermawan Sulistyo, eks-aktivis 98 IG Anom Astika, serta jurnalis foto senior Ahmad Subeki yang hadir via tayangan digital. 

Ketiga orang itu adalah saksi hidup dan pelaku sejarah di periode menjelang hingga pasca peristiwa Reformasi 1998, melawan rezim Orde Baru. 

Pada masa 1998, begitu banyak orang yang menentang Orde Baru diculik, juga merebak kekerasan oleh aparat keamanan bahkan pelanggaran HAM. Bahkan, sejumlah aktivis yang diculik, hingga kini tidak kembali. Tidak diketahui rimbanya.

Acara dibuka Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono, diskusi di kampus itu selama tiga jam berlangsung hidup dan panas. Dimoderatori anak muda Gen-Z, Aryo Seno Bagaskoro, yang juga pendiri Aliansi Pelajar Surabaya. Ratusan audiens aktif menyimak.  Dan, merespon cerita para narasumber dan penutur.

Tak jarang mencuat teriakan "Merdeka!" serta "Usut tuntas pelanggar HAM!" diteriakkan sepanjang acara berlangsung.

Para audiens yang berasal dari latar belakang millenial, gen Z, dan eks aktivis 98 itu tampak bersemangat mengikuti penyampaian dari Prof. Kikiek, sapaan akrab Hermawan Sulistyo. 

Hermawan Sulistyo pernah memimpin Tim Investigasi Kerusuhan Mei 1998 dan Peristiwa Semanggi. Diceritakan panjang lebar tentang tragedi dan gejolak di masa tersebut. Mulai tragedi Trisakti, tragedi Semanggi 1 dan 2. Juga hilangnya para aktivis diantaranya Wiji Thukul, Petrus Bima Anugrah, dan Herman Hendrawan, dan lain-lain yang tidak pernah kembali.

Setelah tragedi kelam itu, Prof Hermawan yang akrab disapa Mas Kiki bergabung dalam Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) terkait kerusuhan Mei 1998. Diperiksa belasan jenderal termasuk Prabowo Subianto. TGPF diketuai Marzuki Darusman, yang kala itu juga anggota Komnas HAM.

“Kami periksa Prabowo dan dari 15 jenderal yang lain. Hanya Prabowo yang marah gebrak meja. Dia dari awal memang sebenarnya tidak lolos tes psikologi dan tidak boleh pegang pasukan,” kata Kikiek. 

Narasumber lain, Anom Astika,  mengusulkan agar dirancang regulasi yang mengatur syarat bagi calon presiden, khususnya dalam hal pelanggaran HAM atau kekerasan di masa lalunya.

"Sehingga secara aturan jelas,  tidak memberi kesempatan bagi figur-figur yang di masa lalu punya masalah dengan pelanggaran HAM dan kekerasan. Tidak memberi ruang untuk bisa terpilih menjadi pejabat publik,” kata Anom yang pernah merasakan penyekapan dan dipenjara oleh rezim Orde Baru. 

Ketua Gerakan Pemuda Surabaya, Mirza Akmal mengatakan diskusi ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran sejarah di kalangan generasi muda yang lahir pasca peristiwa 98.

"Sehingga kawan-kawan tidak melupakan sejarah, sebagai cermin dalam menentukan langkah ke depan,” kata mahasiswa kelahiran 2003 ini.

Acara ditutup dengan pembacaan puisi, penyalaan lilin, dan doa bersama untuk para korban dari tragedi 98 yang diikuti secara khidmat oleh seluruh peserta dan narasumber

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut