get app
inews
Aa Read Next : Dukung Hasil Quick Count, KNPI Minta Semua Pihak Hormati Hasil Pemilu 2024

PKB Sebut Gerindra Pisah Secara Gentleman, Prabowo Lebih Mudah Pilih Cawapres

Sabtu, 02 September 2023 | 20:02 WIB
header img
Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi maju sebagai calon presiden-calon wakil presiden dalam Pemilu 2024. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PKB dipastikan berpisah dengan Gerindra menyusul pengumuman pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden-calon wakil presiden dalam Pemilu 2024. 

Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal memastikan pihaknya tetap menjaga silaturahmi dengan Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden. 

“Kami mengucapkan terima kasih atas pengertian sahabat dari Gerindra seperti yang disampaikan Bang Dasco Ahmad atas terbentuknya kerja sama politik PKB dan NasDem," kata Cucun usai deklarasi Anies-Cak Imin di Surabaya, Sabtu (02/9/2023). 

Meskipun mengusung pasangan Anies Baswedan dan Gus Muhaimin sebagai capres dan cawapres, PKB tetap menjaga silaturahmi dengan Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Bapak Prabowo Subianto sebagai capres dalam Pilpres 2024.

Cucun mengatakan, dinamika Pilpres memang membuat partai politik termasuk PKB terkadang harus berada pada posisi-posisi yang berbeda dengan partai politik lain. 

Keharusan untuk memenuhi presidential threshold memaksa partai-partai politik membentuk koalisi yang memungkinkan adanya kebersamaan maupun perpisahan. 

“Situasi pertemuan maupun perpisahan untuk sementara waktu ini ternyata dipahami benar oleh Gerindra yang disampaikan melalui Bang Dasco. Tentu kami sangat mengapresiasi sikap positif ini,” terangnya.

Di sisi lain, lanjut Cucun kepastian sikap PKB ini akan membuat langkah Prabowo Subianto dalam menentukan cawapres lebih mudah. 

Menteri Pertahanan tersebut tidak lagi terikat dengan Perjanjian Sentul yang mengharuskan pengambilan keputusan Cawapres bersama Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar. 

“Ini bagi saya juga hikmah tersendiri dari terbentuknya pasangan Mas Anies dan Gus Imin,” ujarnya.

Anggota Komisi III DPR ini berharap, sikap gentleman dan positif dari Gerindra kepada PKB pun sebaliknya ini bisa menjadi contoh dari partai lain. Dengan demikian situasi kondusif jelang Pemilu 2024 yang penuh kompetisi bisa dilalui dengan riang gembira. 

"Betapapun kerasnya kita berkompetisi tentu kita tidak boleh lupa jika tujuan pesta demokrasi adalah demi menciptakan kesejahteraan rakyat. Jangan sampai kepentingan rakyat ini terganggu karena elit yang bikin gaduh hanya karena kepetingannya terganggu,” jelasnya

Diketahui sebelumnya, Ketua Harian DPP Gerindra, Sufi Dasco Ahmad menyampaikan Selamat Berjuang kepada Ketua Umum DPP PKB A Muhaimin Iskandar yang akan maju berpasangan dengan Anies Baswedan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden. 

Dasco juga mengajak PKB untuk tetap menjaga iklim Pemilu 2024 tetap kondusif, sehingga pesta demokrasi bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut