get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Dosen dan Mahasiswa Untag Surabaya Kolaborasi Ciptakan Pupuk Penambah Nutrisi Buah, Petani Untung

Rabu, 06 September 2023 | 07:43 WIB
header img
Dosen dan Mahasiswa Untag Surabaya Kolaborasi Ciptakan Pupuk Penambah Nutrisi Buah. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Inovasi mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya semakin nyata. Kali ini mahasiswa Teknik Industri mampu menciptakan rancangan Bioreaktor Anaerob yang bisa membuat buah bertambah berat dan tanaman semakin lebat. 

Temuan ini disebut proses fermentasi nutrisi. Bentuk dari nutrisi ini berupa cairan yang bisa digunakan untuk proses pertanian, layaknya pupuk cair. Penggunaannya bisa diaplikasikan ke cabai, padi, alpukat, dan buah-buah lainnya. 

Tak hanya itu, pupuk Penambah nutrisi ini juga bisa dipergunakan untuk menambah vitamin ikan dan peternak itik. Jika memakai pupuk ini, maka bobot ikan maupun itik semakin bagus, bahkan dagingnya semakin berisi. 

Ketua Program Studi Teknik Industri Untag Surabaya sekaligus dosen pembimbing Hery Murnawan mengatakan pembuatan nutrisi itu berawal dari permasalahan para petani terkait meningkatnya harga pupuk nonsubsidi.

“Saya mendapatkan program matching fund dari Kemenristek Dikti untuk melakukan penelitian. Kemudian melakukan uji coba secara swadaya memanfaatkan potensi limbah di Desa Papungan, Blitar,” kata Hery, Selasa (5/9).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut