get app
inews
Aa Read Next : 33 Ribu Tiket Lebaran Sudah Terjual di Daop 8 Surabaya

KAI Berikan Kompensasi bagi Pelanggan yang Terdampak Gangguan Perjalanan

Rabu, 18 Oktober 2023 | 10:35 WIB
header img
Kecelakaan kereta ini terjadi di jalur petak lintas antara Stasiun Sentolo - Wates KM 520+4, Selasa (17/10/2023). Foto/Kuntadi.

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Imbas adanya gangguan operasional perjalanan KA di wilayah Daop 6 Yogyakarta, KAI memberikan kompensasi kepada pelanggan yang mengalami keterlambatan KA. Kompensasi bagi pelanggan yang perjalanannya terdampak berupa pengembalian bea 100% atau pengalihan perjalanan dengan KA lain.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan pengembalian bea tiket (refund) dapat dilakukan di seluruh stasiun keberangkatan KA jarak jauh hingga H+7 dari tanggal keberangkatan yang tertera pada tiket.

Pelanggan dapat melakukan pengembalian tiket (refund) 100% apabila terjadi keterlambatan keberangkatan KA di stasiun keberangkatan pelanggan yang diperkirakan berlangsung 1 (satu) jam atau lebih, ataupun pelanggan yang membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan atau di tengah perjalanan karena menolak menggunakan sarana kereta atau moda transportasi pengganti.

Sementara itu, di Daop 8 Surabaya pada pagi ini terdapat 2 KA jarak jauh yang mengalami keterlambatan keberangkatan KA dari Stasiun Surabaya Gubeng, yakni :

1. KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung,
2. KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir.

"Keterlambatan dikarenakan menunggu masuknya rangkaian KA tersebut, yang kemudian dilakukan pengecekan oleh teknisi kereta api dan pembersihan kereta," jelasnya.

Dikatakannya, sejak kemarin sore hingga saat ini petugas di Daop 6 Yogyakarta tengah fokus untuk melakukan evakuasi maupun normalisasi jalur KA. KAI terus mengerahkan segala upaya bantuan dari wilayah kerjanya maupun berkordinasi dengan stakeholder dan instansi terkait agar perjalanan KA kembali normal. 

"Kami memohon maaf atas gangguan operasional perjalanan KA yang terjadi," pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kecelakan KA Argo Semeru, Surabaya Gubeng - Gambir dan KA Argo Wilis Bandung -Surabaya Gubeng di Kulonprogo berdampak pada perjalanan kereta api (KA).

Namun ada beberapa KA yang memutar, yang harusnya melewati lintas selatan, dialihkan melalui lintas utara atau melewati wilayah Daop 4 Semarang.


 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut