get app
inews
Aa Read Next : Ubaya Target 55 Guru Besar dalam Periode 2023-2027

Peringati Bulan Kesadaran Kanker Payudara, Mahasiswa Ubaya Buat Karya dari Ratusan Kupu-Kupu Kertas

Rabu, 18 Oktober 2023 | 12:14 WIB
header img
Aksi ini dilakukan pada Rabu (18/10/2023) di Plaza Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya. Foto/Ubaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara (Breast Cancer Awareness Month), mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya), Sabrina Putri Anjani, membuat karya dari ratusan kupu-kupu kertas. 

Selain itu, lima mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM Ubaya) juga turut membagikan kerajinan kertas bertuliskan ajakan deteksi dini kanker payudara. Aksi ini dilakukan pada Rabu (18/10/2023) di Plaza Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya.

Sekitar 250 kupu-kupu kertas ditempel pada papan berukuran 5x4 meter. Kupu-kupu tersebut dikolase membentuk sebuah pink ribbon yang merupakan simbol dari kanker payudara. Sabrina menyebut, karya ini merupakan salah satu bentuk support pada pejuang kanker payudara melalui art. 

“Karya ini terinspirasi dari Ibu saya yang juga seorang survivor (pejuang) kanker payudara. Operasi pengangkatan payudara membuat bentuk tubuhnya berubah. Hal ini mendorong saya untuk membuat karya yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pejuang kanker. Mereka bisa melalui ini semua dan perubahan yang ada tidak mengurangi harga diri mereka sebagai perempuan seutuhnya,” jelasnya. 

Pesan ini juga tergambarkan dalam pemakaian kupu-kupu kertas yang melambangkan perjalanan penuh perjuangan hingga mencapai sesuatu yang lebih indah. 

Selain itu, mahasiswa BEM juga terlibat dalam kampanye ini. Sandrina Vania, Vera Widianti Puspita, Jecrista Elamelia, Stella Paula, dan Lidia Kinanti membagikan kerajinan kertas berbentuk wanita yang pada bagian tubuhnya terdapat tulisan “Early detection for protection”. 

Sandrina atau akrab disapa Joy menyebut, mereka ingin mengajak para mahasiswa khususnya perempuan untuk mencegah meningkatnya kanker payudara yang biasanya terjadi akibat tidak deteksi dini. 
 
“Kita sebagai mahasiswa yang masih berusia muda harusnya tidak abai pada hal ini. Mumpung belum terlambat, ayo kita sama-sama aware untuk cek ke dokter dan mari dukung sesama perempuan agar penderita kanker payudara tidak semakin meningkat,” ujarnya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut