get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

RSAL Dr Ramelan Jadi Percontohan Pengelolaan BLU Terbaik di Indonesia

Kamis, 19 Oktober 2023 | 08:17 WIB
header img
RSAL Dr Ramelan Jadi Percontohan Pengelolaan BLU Terbaik di Indonesia. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan bagus saat di Rumah Sakit (RS). Kali ini, Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSAL) Dr Ramelan menjadi perhatian khusus, karena memiliki sistem pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) bagi fasilitas kesehatan (faskes) Angkatan Laut se-Indonesia.

RS ini memiliki tingkat pelayanan kesehatan kepada pasien yang sangat optimal.

BLU merupakan salah satu bentuk perwujudan Nawa Cita Presiden Joko Widodo. Hal ini diatur dalam Perpres No 23/2005 dan Permendagri Nomor 61/2007 yang mengatur tentang pengelolaan keuangan BLU.

Aturan ini menjadi landasan hukum bagi rumah sakit pemerintah untuk lebih otonom di bidang keuangan. Prinsip efisiensi harus menjadi bagian dari sistem manajemen sebagai starting point untuk meningkatkan sistem manajemen di rumah sakit pemerintah.

Baik dalam pengelolaan yang lebih berjiwa entrepreneurship dengan menerapkan konsep bisnis secara sehat. Sehingga, masing-masing lembaga bisa meningkatkan daya saing dan mewujudkan kemandirian ekonomi.

"Faskes TNI Angkatan Laut menjadi yang pertama yang sudah menjadi BLU, RSPAL dr Ramelan menjadi percontohan untuk faskes TNI AL di seluruh Indonesia. Menjadi percontohan," kata Kepala RSPAL dr Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Benny Jovie, Sp.JP., FIHA di sela Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, Rabu (18/10/2023).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut