get app
inews
Aa Read Next : Kinerja Perbankan Pulih, OJK Akhiri Kebijakan Restrukturisasi Kredit

Bonek Mulai Bermain di Pasar Modal, Siap Borong Saham Persebaya?

Sabtu, 04 November 2023 | 08:29 WIB
header img
Indah Kurnia bersama OJK dan BEI membuka Novembereest, di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya, Jumat (03/11/2023) malam. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA iNewsSurabaya.id - Indah Kurnia selalu memiliki ide brilian. Jika biasanya gencar sosialisasi tentang bahaya pinjol di tengah-tengah masyarakat, kali ini dia memiliki gagasan dan langka cerdas yang tidak terlintas di kepala orang lain.

Bersama mitra kerja Komisi XI, yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX), anggota Komisi XI DPR RI tersebut menyiapkan supoter Persebaya Surabaya alias Bonek menjadi investor.

Ribuan Bonek dan Bonita di edukasi tentang asiknya menjadi investor dan cara menanam saham di perusahaan besar. Tentunya perusahaan yang sudah melantai di pasar modal.

"Kita bersama-sama menggelorakan literasi keuangan, terutama dalam berinvestasi saham," katanya disela-sela Novembereest, di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya, Jumat (03/11/2023) malam.

"Literasi ini untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada Bonek, bahwa sebagian uang mereka bisa di investasikan sehingga bisa menjadi investor," imbuhnya.

Pendidikan yang dikemas ala anak muda itu bukan tanpa alasan. Indah berharap, suatu saat jika Persebaya melantai di bursa saham, para suporter itu bisa memborong saham Persebaya dan bangga menjadi investor.

"Jika suatu saat nanti Persebaya Go Publik, anak-anak ini sudah siap sebagai investor. Sebelum itu terjadi, saya berharap anak-anak itu dikenalkan dulu," tuturnya.

Namun untuk sementara ini, Indah mendorong para Bonek supaya membuka rekening saham dulu. Mereka bisa belajar sambil praktek nambung saham. Bonek dan Bonita bisa melihat kira-kira saham mana yang pergerakannya stabil.

"Saat ini untuk beli saham gak harus kaya dulu. Punya modal Rp100 ribu aja sudah bisa beli," ujarnya.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jeffrey Hendrik menjelaskan bahwa di Indonesia tercatat ada 898 perusahaan yang sudah melantai di bursa. Untuk Securitas jumlahnya ada 94. Itu bisa dipilih oleh Bonek ketika akan membeli saham.

Jeffrey bilang, BEI akan sangat membanggakan jika Bonek yang jumlahnya tak terbatas ini menjadi investor saham.

"Kalau Bonek aja bisa jadi investor, apalagi yang lain," ucapnya.

Dari catatan BEI, dalam waktu 5 tahun terakhir ini jumlah investor saham tumbuh pesat, yakni 11,9 juta investor. Meningkat 500 persen dari tahun 2018 yang jumlah investor Indonesia hanya diangka 2 juta.

"Artinya semakin banyak masyarakat Indonesia yang paham dan ikut menikmati pertumbuhan pasar modal kita. Dan kami dari BEI maunya lebih banyak lagi masyarakat dari berbagai kalangan untuk bisa bangga menjadi investor di Indonesia," ungkap Jeffrey.

Sementara menurut Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan, Nasirwan, tingkat literasi masyarakat tentang pasar modal relatif rendah jika dibandingkan jasa perbankan.

Ia bilang pasar modal ini memang menjadi PR besar. Bagaimana karakteristik dan kelebihan berinvestasi hingga resikonya harus terus disosialisasikan.

"Kegiatan yang diinisiasi oleh ibu Indah Kurnia ini adalah satu cara yang sangat efektif untuk membuat masyarakat tertarik dan investasi langsung," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Business Development PT Phintraco Sekuritas, Ivan Chandra Putra mengatakan ratusan Bonek sudah mulai membuka rekening sahamnya.

Pihaknya sangat mendukung dan siap melakukan pendampingan kepada Bonek secara gratis.

"Nantinya kita tetap mengedukasi. Lokasinya dimanapun bisa. Mau ke kantor atau di tempat para Bonek ngumpul kita bisa samperin," katanya.

Hal yang sama juga diungkakan oleh Perwira Seksi Intelijen (Pasintel) Kodam V Brawijaya, Lettu Infanteri Suharianto. Pihaknya siap mendampingi dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan Bonek.

"Kami melihat Bonek sudah dewasa. Kami dari TNI mengapresiasi para Bonek, apalagi punya program bagus, yakni jadi investornya Persebaya," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut