Logo Network
Network

Inovasi Karakter Coklat Doraemon, Bisnis Ibu Rumah Tangga di Kediri Menanjak

Arif Ardliyanto
.
Kamis, 27 Januari 2022 | 23:19 WIB
Inovasi Karakter Coklat Doraemon, Bisnis Ibu Rumah Tangga di Kediri Menanjak
Seorang ibu rumah tangga, Sri Indah Yuni Wulandari, warga Perum Wisma Asri Kelurahan Banaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri, membuat berbagai macam makanan dari cokelat.

KEDIRI, iNews.id – Berawal dari hobi makan cokelat, seorang ibu rumah tangga, Sri Indah Yuni Wulandari, warga Perum Wisma Asri Kelurahan Banaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri, membuat berbagai macam makanan dari cokelat.

Uniknya, makanan cokelat hasil kreasi Sri Indah merupakan berbagai jenis cokelat karakter, mulai dari karakter Doraemon, Pikachu, Hello Kitty hingga karakter pupuler semua ada.

Sri Indah Yuni Wulandari mengaku, ide awal membuat makanan dari cokelat, karena ia sangat senang makan cokelat. Indah akhirnya berinisiatif untuk membuka usaha cokelat karakter ini.

“Saya membuka usaha rumah cokelat mulai pada tahun 2007 silam. Karena sudah banyak produksi makanan cokelat, saya kemudian berinovasi membuat makanan cokelat yang berbeda,” kata Sri Indah Yuni Wulandari, Pembuat kuliner cokelat, Kamis (27/01/2022).

Setelah mencoba berbagai bentuk, akhirnya Indah menemukan bentuk untuk cokelat produksi nya, yakni cokelat berbagai karakter. Inovasi cokelat karakter ini, karena ada saudaranya yang pesan bentuk karakter lucu dan unik.

“Awalnya ada saudara yang pesan cokelat dengan bentuk doraemon, namun bentuknya kecil atau mini. Setelah itu saya terus membuat cokelat karakter, dan ternyata laris di pasaran,” tambah Indah.

Untuk proses pembuatannya, cokelat batangan dilelehkan di atas kompor terlebih dahulu. Setelah cokelat meleleh, cokelat tersebut langsung dimasukkan ke freezer selama kurang lebih 2 – 3 menit. Setelah agak dingin, cokelat selanjutnya siap dicetak dengan berbagai karakter.

“Untuk cetakan berbagai macam karakter, kami memesan lewat online. Setelah cokelat kami tuangkan ke cetakan, kemudian kami tambahkan detail-detail dari cokelat karakter tersebut. Seperti mata, kumis, dengan warna cokelat agar lebih bagus dan menarik,” ujar Indah.

Harga cokelat karakter milik Indah dijual beragam dan dengan ukuran yang berbeda-beda. “Untuk cokelat karakter kami jual Rp 170 ribu per kilogram nya, dan untuk cokelat custom mulai Rp 25 ribu sampai Rp 500 ribu. Biasanya yang harga 500 ribu itu untuk pesta pernikahan, dan kami taruh dalam keranjang,” terang Indah.

Untuk pemasaran, mulai kota-kota di Kediri dan sekitarnya, juga beberapa kota-kota besar seluruh nusantara. “Selain kami jual langsung, pemasarannya juga lewat online. Alhamdulillah omzet perbulan mulai 5 juta sampai belasan juta rupiah,” tutup Sri Indah Guni Wulandari.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.