Logo Network
Network

VES Community Turun Tangan Salurkan Bantuan Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Ali Masduki
.
Jum'at, 28 Januari 2022 | 17:08 WIB
VES Community Turun Tangan Salurkan Bantuan Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru
Komunitas VES Community Chapter Jawa Timur diberangkatkan menuju Kabupaten Lumajang pada 28 Januari 2022. (Foto: Dok VES Community)

SURABAYA, iNews.id - Komunitas VES Community Chapter Jawa Timur bersama Yonif Raider 500 Sikatan, turun tangan membantu kelancaran penyaluran bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru.

Komunitas VES Community Chapter Jawa Timur tersebut diberangkatkan menuju Kabupaten Lumajang di sekitar area yang terdampak pada 28 Januari 2022.

"Kali ini kita bersinergi untuk kemanusiaan bersama kemenperin dalam giat penyaluran bantuan yg sudah di koordinir melalui baristand surabaya," kata Ketua VES Community Region Surabaya, Okky, di Balai Riset Dan Standarisasi Industri Surabaya, Jumat (28/1).

Okky menegaskan, agar penyaluran tepat sasaran, seluruh bantuan akan disalurkan langsung dari rumah ke rumah oleh para relawan yang ada dilapangan. "Semoga bisa berkelanjutan sinergi kedepannya," ucapnya.

Bantuan berupa bahan makanan dan AMDK berjumlah 857 kardus dalam berbagai ukuran sebanyak 857 kardus tersebut merupakan sumbangan dari Industri Binaan Direktorat Jenderal Industri Agro. 

Diantaranya Mayora Group, PT. Indofood Sukses Makmur, PT. Frisian Flag Indoensia, PT. Sinar Niaga Sejahtera, PT. Sungai Budi, PT. Sari Incofood Corporation, PT. Tirta Investama, PT. Shanghiang Perkasa, PT. Coa Cola Distribution Indonesia, dan PT. Suntory Garuda Beverage. 

Direktur Jenderal Industri Agro, Putu Juli Ardika menyampaikan, sebagaimana kondisi yang berlaku umum, para korban selamat yang saat ini sedang mengungsi membutuhkan bantuan berupa obat-obatan dan bahan makanan. 

"Bantuan dari Direktorat Jenderal Industri Agro ini adalah bentuk nyata dari semangat gotong royong yang merupakan karakteristik dari Bangsa Indonesia," ujarnya.

Sementara itu Kepala Baristand Industri Surabaya, Aan Eddy Antana, menambahkan bahwa Baristand Industri Surabaya mendukung penuh kebijakan Direktorat Jenderal Industri Agro dalam menyalurkan bantuan yang dibutuhkan masyarakat yang terdampak agar cepat pulih dan kembali beraktifitas seperti semula.

Baristand Industri Surabaya sendiri, sebagai salah satu Satker dibawah Kemenperin secara geografis dekat dengan Kabupaten Lumajang.

"Semoga bantuan yang terkumpul ini sedikit meringankan beban warga terdampak yang telah kehilangan nyawa, harta benda maupun pekerjaan," pungkasnya.

Diketahui, Awan Panas dan Guguran Erupsi Gunung yang terjadi Desember 2021 silam, memberikan dampak yang luar biasa bagi alam dan penduduk sekitar. 

Puluhan jiwa korban meninggal, tempat tinggal hancur, petani yang kehilangan mata pencaharian, serta fasilitas rumah ibadah dan pendidikan juga terdampak bencana tersebut. 
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.