get app
inews
Aa Read Next : Kemacetan Parah Ancam Liburan Lebaran di Jombang, Solusi Flyover Jadi Perdebatkan

Ingat Perjuangan Presiden ke-4, Menhan Prabowo Ziarah ke Makam Gus Dur

Minggu, 12 November 2023 | 14:02 WIB
header img
Menhan Prabowo Ziarah ke Makam Presiden ke-4, Gus Dur. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berkunjung ke Kabupaten Jombang, Sabtu (11/11/2023). Dia datang untuk berziarah ke makam sejumlah ulama yang ada di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng. Salah satunya makam Presiden keempat RI KH Abdurahman Wahid (Gus Dur).

Dalam kunjungan tersebut Prabowo didampingi oleh beberapa sesepuh pesantren Tebuireng. Peristiwa ini mengingatkan kembali betapa dekat hubungan silaturahmi antara Prabowo dengan Keluarga Gus Dur. 
Dalam ziarah tersebut nampak mendampingi Prabowo adalah pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang KH Abdul Hakim, Pengasuh Ponpes Langitan KH Ubaidillah Abdullah Faqih, Ketua MUI Jawa Timur sekaligus Pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong Probolinggo KH Mutawakkil Alallah dan Sekretaris TKN, Nusron Wahid. 

Menurut Ketua Bidang Organisasi dan Kelembagaan DPP Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (DPP FKDT) Habib Sholeh ziarah tersebut mengandung makna bahwa hubungan Prabowo dan Gus Dur terus berlangsung walau Gus Dur telah wafat.  “Menengok ke belakang hubungan Gus Dur dan Prabowo memang telah terjalin cukup lama,” katanya. 

Habib menambahkan kedekatan Gus Dur dan Prabowo juga pernah diungkapkan KH Said Aqil Siradj. Menurut Kiai Said beberapa kali Gus Dur diterapi Prabowo yang memang ahli tenaga dalam. Hubungan keduanya tidak sebatas diskusi saja tetapi lebih dari itu. 

“Mengutip Kiai Said Pak Prabowo kemampuan mengobati dengan tenaga dalam. Ketika Gus Dur susah tidur dulu oleh Pak Prabowolah memijatnya dari kepala sampai kaki,” kata Habib.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut