get app
inews
Aa Read Next : Jalan Utama Surabaya Macet, Konvoi Peringatan Hari Buruh May Day

Surabaya Siap Hadapi Hujan, 1.480 Satgas Terjun Antisipasi Genangan Air

Rabu, 22 November 2023 | 15:41 WIB
header img
Surabaya Siap Hadapi Hujan, 1.480 Terjun Antisipasi Genangan Air. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pemkot Surabaya telah mengambil langkah proaktif menghadapi tantangan musim hujan akhir tahun 2023. Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) memobilisasi Unit Reaksi Cepat (URC) dengan melibatkan 1.480 Satgas DSDABM Surabaya.

Kepala Bidang Drainase, Windo Gusman Prasetyo, menjelaskan bahwa URC siap menanggulangi genangan segera setelah hujan turun. Persiapan ini sudah dimulai sejak April 2023 dengan normalisasi drainase secara menyeluruh, termasuk saluran primer, sekunder, dan tersier.

"Persiapan ini termasuk normalisasi saluran di sekitar 95 lokasi menggunakan alat berat dan 225 lokasi dengan tenaga Satgas. Kami juga melakukan pembangunan saluran yang telah direncanakan untuk mengatasi genangan," ujar Windo.

Pembangunan saluran fokus di wilayah padat seperti Wonosari, Bulak Banteng, Sidotopo, Kedinding Lor, serta wilayah utara timur Kota Surabaya. Windo berharap pembangunan ini dapat mengurangi genangan lebih dari 50 persen di wilayah tersebut.

Selain itu, penanggulangan genangan juga merambah ke Surabaya Barat, khususnya di Manukan, Tandes. Pembangunan dan perbaikan saluran di wilayah tersebut menjadi prioritas untuk mengatasi genangan akibat topografi yang naik-turun.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut