get app
inews
Aa Read Next : Naik Gerobak Sapi, Ganjar Diarak Ratusan Ribu Warga Keliling Solo Tempat Lahir Gibran

Joged Gemoy Pertanda Kekalahan Nalar Pasangan Prabowo-Gibran dalam Berfikir

Rabu, 29 November 2023 | 14:18 WIB
header img
Joged Gemoy Pertanda Kekalahan Nalar Pasangan Prabowo-Gibran dalam Berfikir. Foto iNewsSurabaya/Okezone

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Pengamat politik Airlangga Pribadi Kusman Ph.D menilai banyaknya ketidakhadiran pasangan Prabowo- Gibran dalam diskusi politik serta adu di ruang publik memperlihatkan kekalahan pikiran dan nalar publik dari pasangan tersebut.

Dari berbagai event diskusi yang terselenggara tercatat setidaknya 11 kali pasangan Prabowo-Gibran absen dalam diskusi dalam rangka adu politik gagasan tersebut. Sementara, pasangan Ganjar-Mahfud MD hanya 1 kali absen dan Anies-Muhaimin juga 1 kali absen.

Airlangga mengatakan, kekalahan gagasan tersebut menunjukan keterbatasan politik gimmick yang di diusung oleh Prabowo-Gibran. Politik gimmick di tingkat permukaan tersebut merupakan bagian dari strategi politik komunikasi bercorak manipulatif yang ditawarkan Prabowo-Gibran ke publik.

“Dengan asumsi bahwa dengan menawarkan politik joged gemoy, riang gembira dan seterusnya, publik teralihkan dari persoalan-persoalan krusial bangsa saat ini. Padahal Indonesia di masa depan sangat membutuhkan kualitas kepemimpinan yang kredibel dan memiliki kualitas tinggi,” kata Dosen Departemen Politik Fisip Universitas Airlangga (Unair) ini saat dihubungi, Rabu (29/11/2023).

Apalagi, salah satu konsentrasi para pasangan capres dan cawapres adalah kalangan millenial dan Gen-Z. Politik gimmick pasangan Prabowo-Gibran menunjukkan ketidaktepatan anggapan mereka, yang cenderung underestimate terhadap kalangan muda, menganggap kaum muda tidak memiliki cara pandang kritis dan mendalam serta mudah dirayu oleh hal-hal yang bersifat permukaan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut