SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Telkomsel memprediksi, selama momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 bakal terjadi lonjakan trafik broadband. Kebaikan diperkirakan mencapai 13% dibandingkan dengan hari biasa, atau 10,8% dibandingkan dengan periode Nataru tahun sebelumnya.
Lonjakan trafik tersebut diperkirakan pada puncaknya akan mencapai 55,2 Petabyte. Lonjakan ini didorong peningkatan akses media sosial sebanyak 15,6%, video streaming sebanyak 9,7%, layanan komunikasi sebanyak 31,9%, online gaming sebanyak 20,6%, hingga e-commerce sebanyak 19,1%.
Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Telkomsel siap mendampingi para pelanggan untuk menyambut Nataru dengan penuh sukacita.
"Yakni, melalui kesiapan jaringan broadband, ketersediaan ragam produk dan layanan bernilai tambah, serta program CSR untuk berbagi dengan sesama," katanya, Rabu (6/12/2023).
Selama periode Nataru ini, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di 427 lokasi khusus. Terdiri dari 27 area residensial, 48 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), 321 area spesial (mal, alun-alun, pusat keramaian), 29 area di rute mudik (jalur mudik, rest area, SPBU), dan 2 gereja/rumah ibadah.
Optimalisasi tersebut di antaranya dilakukan dengan melakukan peningkatan kapasitas 21 unit BTS 4G/LTE, penambahan 53 unit BTS 4G/LTE baru, dan penambahan 55 unit Compact Mobile BTS (COMBAT). Sehingga menggenapi lebih 233 ribu BTS yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jangkauan hingga 97 persen wilayah populasi.
Untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas GGSN (Gateway GPRS Support Node) hingga 13,21 Tbps dan kapasitas IX (Internet Experience) hingga 11,08 Tbps.
Nugroho menambahkan, selama periode 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, Telkomsel terus memastikan kesiapan jaringan dan memantau pergerakan trafik broadband melalui 15 Posko Siaga Jaringan. Termasuk posko bersama TelkomGroup dan mitra.
"Telkomsel juga telah mengoptimalkan layanan VoLTE (Voice over LTE) yang kini telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia," imbuhnya.
Untuk kenyamanan pelanggan, kata da, sebanyak 132 Posko Siaga Nataru tersedia di seluruh Indonesia untuk pelayanan pelanggan, penjualan produk dan layanan, hingga hiburan berupa games dan live music.
Di samping itu, pelanggan juga dapat mengakses layanan pelanggan Telkomsel, asisten virtual Veronika di berbagai platform instant messaging, media sosial Telkomsel di Facebook.
"Kemudian Instagram, X, 507 GraPARI dan 576 ATM MyGraPARI di seluruh Indonesia, serta lebih dari 302 ribu mitra outlet Telkomsel," pungkasnya.
Editor : Arif Ardliyanto