get app
inews
Aa Read Next : KPU Jatim Sebut Partisipasi Masyarakat Jatim di Pemilu 2024 Lampaui Target Nasional

Pemilu 2024, KPU Jatim Pastikan Distribusi Logistik Tuntas pada Januari 2024

Senin, 18 Desember 2023 | 18:22 WIB
header img
Petugas menata tumpukan kotak suara di gudang logistik pemilu di Margomulyo Surabaya, Senin (18/12/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur memastikan bahwa distribusi logistik untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 tuntas pada Januari 2024.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan, saat ini pihaknya sudah mendistribusikan logistik Pemilu 2024 seperti kotak suara, bilik suara, tinta suara, segel, segel plastik, hingga alat coblos ke seluruh kabupaten dan kota, kecuali surat suara. Logistik tersebut sekarang berada di gudang logistik KPU kabupaten/ kota.

"Yang masih belum adalah surat suara. Surat suara ini karena kemarin baru clear semua terkait daftar calon tetap," kata Anam dalam media gathering tentang ketentuan pelaksanaan metode kampanye rapat umum dan iklan serta pemberitaan dan penyiaran kampanye pada pemilu tahun 2024, di Surabaya, Senin (18/12/2023).

Anam melanjutkan, untuk surat suara yang sudah mulai distribusikan adalah surat suara untuk pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sedangkan untuk surat suara pemilihan DPRD, DPR RI, maupun Presiden, masih dalam proses produksi.

Untuk surat suara, kata Anam masih dalam proses produksi, dan bakal terdistribusikan 100 persen ke KPU kabupaten/kota pada pertengahan Januari 2024. Karena, kata dia, untuk surat suara nantinya masih harus dilakukan sortir dan lipat, yang membutuhkan waktu lebih lama.

"Mudah-mudahan pada pertengahan Januari semua sudah terkirim di gudang-gudang logistik KPU kabupaten/ kota. Mengingat untuk surat suara ini masih dibutuhkan sortir maupun juga lipat," terangnya.

Dalam proses distibusi logistik, KPU Jatim sendiri akan memprioritaskan pengiriman ke daerah-daerah yang berada di wilayah kepulauan. Terutama di Kabupaten Sumenep, Madura, dimana terdapat 116 pulau.

"Jadi seluruh logistik Pemilu kita prioritaskan untuk kawan-kawan di Sumenep yang kepulauan. Sedangkan yang lain saya kira mudah untuk distribusinya," ungkapnya.

Di acara tersebut KPU Jatim juga menyampaikan berbagai hal kepada awak media terkait Ketentuan dan Pelaksanaan Metode Kampanye Rapat Umum dan Iklan. Juga tentang pemberitaan dan penyiaran kampanye Pemilu 2024.

"Ketentuan kampanye semua harus sesuai aturan yang ada, selain itu pelaksanaannya juga yang sudah disepakati bersama,” kata Komisioner KPU Jatim Divisi Parmas Gogot Cahyo. 

Gogot menambahkan semua izin kampanye indoor dan diluar ruangan dikeluarkan oleh kepolisian. "Untuk izin kampanye KPU hanya tembusan saja," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut