get app
inews
Aa Read Next : Ubaya Target 55 Guru Besar dalam Periode 2023-2027

Dosen Ubaya Jelaskan Konsep Pengendalian Demam Berdarah Melalui Nyamuk Wolbachia

Rabu, 27 Desember 2023 | 10:10 WIB
header img
Dr. Mariana Wahjudi. Foto/Dok Ubaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Upaya pemberantasan penyakit demam berdarah melalui pelepasan nyamuk Wolbachia mulai dilakukan di beberapa daerah di Indonesia. 

Dosen Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya), Dr. Mariana Wahjudi, menjelaskan bagaimana nyamuk Wolbachia dapat menurunkan penyebaran virus demam berdarah.

Nyamuk Wolbachia adalah nyamuk Aedes aegypti yang mengandung bakteri Wolbachia. Bakteri ini biasa ditemukan di tubuh serangga seperti kupu-kupu, lalat buah, lebah madu, dan cacing nematoda. 

Keberadaan Wolbachia dalam tubuh nyamuk menyebabkan virus demam berdarah tidak bisa berkembang biak dalam nyamuk Wolbachia, sehingga tidak akan ditularkan ke manusia berikutnya. Dengan kata lain, nyamuk Wolbachia tidak dapat menyebarkan virus DB ke orang lain. 

Prosesnya adalah pertama-tama bakteri Wolbachia diinfeksikan pada telur nyamuk Aedes aegypti. Telur menetas dan nyamuk yang berkembang berisi Wolbachia dalam tubuhnya. Nyamuk Wolbachia ini kemudian dilepaskan ke lingkungan dan diharapkan kawin dengan nyamuk lokal. 

“Bila nyamuk Wolbachia jantan kawin dengan nyamuk betina biasa, maka telurnya tidak akan menetas. Hanya telur yang berasal dari nyamuk Wolbachia betina saja yang akan menetas. Nyamuk Wolbachia betina kawin dengan jantan biasa atau jantan Wobachia, maka telur yang dihasilkan semuanya akan menetas,” jelasnya. 

Dengan menyebarkan nyamuk Wolbachia ke lingkungan, maka perbanyakan virus demam berdarah bisa ditekan dan penyebarannya dicegah dari satu orang ke orang yang lain. 

Bila jumlah nyamuk Wolbachia di lingkungan bertambah banyak, maka kasus infeksi demam berdarah di antara penduduk akan menurun. 

Lebih lanjut, Kepala Laboratorium Purifikasi dan Biologi Molekuler itu menyebut nyamuk biasa belum tentu mengandung Wolbachia ataupun virus demam berdarah. Apabila digigit nyamuk Wolbachia, bakteri dalam nyamuk tersebut tidak bisa menginfeksi manusia, sehingga aman bagi tubuh.  

Strategi penggunaan serangga ber-Wolbachia ini juga ampuh untuk menanggulangi beberapa penyakit lain misalnya untuk Zika, Chikungunya, demam kuning, dan malaria

Pelepasan nyamuk Wolbachia ke lingkungan termasuk aman dan dampak bahaya dalam 30 tahun ke depan dapat diabaikan. 

“Masyarakat dapat mendukung program ini dengan memiliki edukasi dan membantu menyebarkan informasi yang benar terkait strategi ini agar hasilnya maksimal,” pungkasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut