get app
inews
Aa Read Next : Tim Nogogeni ITS Unjuk Diri di Periklindo Electric Vehicle Show 2024

Alat Pengisi Daya Kendaraan Listrik Buatan Unair Lengkap dengan Aplikasi Mobile Phone

Kamis, 28 Desember 2023 | 09:27 WIB
header img
Alat pengisi daya untuk kendaraan listrik atau charging station BANGGA buatan Unair ini telah dilengkapi dengan aplikasi mobile phone. Foto/Unair

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil membuat alat pengisi daya untuk kendaraan listrik

Ketua Peneliti, Agus Mukhlisin, mengatakan alat pengisi daya untuk kendaraan listrik bernama BANGGA (Barata-Airlangga Electric Vehicle Charging Station) merupakan charging station kendaraan listrik yang telah dilengkapi dengan aplikasi mobile phone. 

Aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur mulai dari pelacakan lokasi charging station beserta detail informasinya, scan QR code verifikasi, riwayat pengisian daya, Bluetooth, dan monitoring status. Melalui fitur-fitur tersebut, pengguna akan lebih mudah memahami dan memantau penggunaan charging station BANGGA.

“Selain aplikasi, BANGGA ini juga merupakan produk lokal yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri yang lebih baik. Teknologinya kita kuasai dalam negeri sehingga untuk pelayanan dan ketersediaan spare part-nya sudah tersedia di pasar Indonesia. Jadi, customer service akan lebih cepat dan responsif daripada produk buatan luar negeri lainnya,” jelasnya. 

Lebih lanjut, dosen program studi teknik elektro itu mengakui bahwa pembuatan produk itu tidak lepas dari berbagai tantangan. Ia mengatakan, charging station kendaraan listrik buatan luar negeri sudah banyak beredar di Indonesia. 

Mereka menawarkan berbagai fitur dan harga yang cukup kompetitif. Dengan begitu, tantangan yang BANGGA hadapi saat ini adalah masalah harga. 

“Jumlah produksi kami masih sedikit dan kepastian pasar juga belum terdefinisi sehingga harga pokok produksi cukup tinggi dibanding kompetitor lainnya. Namun kami optimis, BANGGA akan bisa bersaing di market Indonesia karena memiliki value proposition yang tidak ada pada produk luar yaitu terintegrasi aplikasi mobile phone dan support technical lokal,” ujarnya. 

Pada akhir, Agus berharap FTMM dan PT Barata Indonesia dapat segera memproduksi produk BANGGA lebih banyak dan mengedarkannya di pasar Indonesia. 

Dengan demikian, persebaran dan jaringan BANGGA akan makin luas. Ketika jaringan produk BANGGA sudah kuat dan luas, maka BANGGA dapat bersaing dengan kompetitor atau produk buatan luar negeri lainnya. 

“Dengan begitu, produk hasil research FTMM dan PT Barata Indonesia ini dapat bermanfaat langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, peningkatan persebaran infrastruktur charging station ini akan mendukung kecepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Jadi, kendaraan-kendaraan di Indonesia bisa ramah lingkungan,” tutupnya.


 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut