get app
inews
Aa Read Next : Terpeleset, Iqbal Ditemukan Tim SAR Gabungan Meninggal Dunia di Sungai Tarik

Mahasiswa IPB Tewas di Pulau Sempu

Jum'at, 29 Desember 2023 | 10:31 WIB
header img
Jenazah mahasiswa IPB itu ditemukan oleh tim SAR gabungan pada Jumat (29/12/2023), di teluk Semut, kawasan pulau Sempu, kabupaten Malang. Foto/Basarnas Surabaya

MALANG, iNewsSurabaya.id - Pulau Sempu makan korban. Galang Edhi Swasono (20), mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) tewas saat melalukan penelitian di pulau kecil selatan Pulau Jawa ini. 

Menurut informasi yang diperoleh dari rekan korban satu tim, korban adalah mahasiswa IPB asal Banjarnegara, Jawa Tengah, yang sedang melakukan penelitian di pulau Sempu bersama timnya. Pada Rabu (27/12/2023) sekitar pukul 11.30 WIB, korban meninggalkan timnya.

Para anggota tim peneliti lainnya memutuskan untuk melakukan pencarin korban, sebab hingga pukul 11.30 WIB korban belum juga kembali. Namun setelah pencarian dilakukan hingga pukul 23.00 WIB, tanda-tandakeberadaan korban belum ditemukan

Jenazah mahasiswa IPB itu ditemukan oleh tim SAR gabungan pada Jumat (29/12/2023), di teluk Semut, kawasan pulau Sempu, kabupaten Malang. 

Penemuan Galang ini berawal dari tim SAR gabungan yang menerima informasi dari nelayan yang melihat ada jenazah yang terapung di teluk Semut, pada pukul 07.30 WIB. Menerima informasi ini, tim SAR gabungan pun segera melakukan pengecekan di lokasi.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi, mengatakan proses evakuasi jenazah korban berjalan lancar. Jenazah korban berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan ke titik evakuasi di pantai Sendang Biru, sekitar pukul 07.50 WIB.

"Jenazah korban dibawa ke Rumah Sakit Syaiful Anwar kota Malang guna ditangani lebih lanjut oleh petugas yang berwenang terlebih dahulu, sebelum dibawa pulang oleh pihak keluarga," terangnya.

Sebelumnya dalam proses pencarian korban ini, lanjut Hariyadi, tim SAR gabungan telah melakukan pencarian di perairan laut sekitar pulau Sempu dengan menggunakan perahu jukung BASARNAS dan juga perahu nelayan sekitar.

Pada saat yang bersamaan, SRU darat melakukan penyisiran di sekitar telaga Lele di pulau Sempu. SRU darat juga menyebarkan informasi kejadian hilangnya korban kepada nelayan yang beraktivitas di sekitar pulau Sempu.

Penyebarluasan informasi ini dimaksudkan agar jika ada nelayan yang mengetahui keberadaan korban, maka diharapkan untuk segera memberikan bantuan evakuasi atau melaporkan lokasi keberadaan korban kepada petugas yang melakukan pencarian.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut