get app
inews
Aa Read Next : Holy Ichda Wahyuni Anak Nelayan yang Sukses Jadi Dosen di UM Surabaya

Warga Muhammadiyah Jatim Puas Atas Kepemimpinan Khofifah

Kamis, 04 Januari 2024 | 13:28 WIB
header img
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melayani swafoto usai menyampaikan pidato kerakyatan di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/2/2019). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Warga Muhammadiyah Jatim puas terhadap kepemimpinan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Kepuasan tersebut terlihat dari hasil survei yang dilakukan oleh Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) UM Surabaya.

Peneliti Utama PUSAD UM Surabaya Radius Setiyawan menyebut, berdasarkan hasil survei warga Muhammadiyah Jatim sebanyak 73,3% puas terhadap kepemimpinan Gubernur Khofifah 12,3% tidak puas, dan 14% tidak menjawab.
 
“Dari jumlah warga Muhammadiyah Jatim yang puas, 27,3% menganggap kepemimpinan Khofifah merakyat, 20,2% programnya relevan, 13,6% meningkatkan pertumbuhan ekonomi, 9,8% menciptakan keruknan antar-warga, dan 5,4% toleransi antar umat beragama,” ujar Radius saat rilis hasil survei kepuasan warga Muhamamdiyah terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim menjelang Pemilu 2024, di UM Surabaya, Kamis (04/1/24)

Radius berharap hasil yang dirilis Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi UM Surabaya terkait elektabilitas di Jawa Timur akan menjadi barometer untuk mengawal jalannya demokrasi yang luber dan jurdil di Jatim jelang Pemilu 2024.

Lebih lanjut lagi, Radius menjelaskan teknik pengambilan sample memakai Multistage Random Sampling. Dimana, lokasi diambil di semua daerah Muhammadiyah di Jawa Timur, sebanyak 38 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kab/ Kota. 

Kemudian, masing-masing Kab/Kota diambil di tingkat PCM untuk dijadikan sample penelitian. Sampel tiap kecamatan dibagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih di tiap kecamatan dan kelurahan yang dijadikan lokasi penelitian.

“Kami mengambil jumlah sampel sebanyak 1067 responden tersebar secara proporsional di 38 PDM kab/ kota dengan margin tingkat toleransi (standart of error / d ) 2,9% dengan tingkat kepercayaan adalah 95%,” kata Radius.

Diketahui survei ini dilakukan 13-28 Desember 2023. Kemudian dirilis secara terbuka dengan menghadirkan sejumlah tokoh.

Tokoh yang hadir itu yakni Sukadiono (Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah  Jawa Timur), Radius Setiyawan (Peneliti Utama PUSAD UM Surabaya), Dede Nasrullah (Kepala LPPM UM Surabaya), Ridho Al-Hamdi (Ketua LHKP PP Muhammadiyah), Thoat Stiawan (Dekan FAI UM Surabaya) dan Putri Aisyiyah (Aktivis/ Dosen Komunikasi UNESA)

Acara yang digelar di Gedung G-Inspire UM Surabaya juga turut menghadirkan sejumlah Ortom Muhammadiyah di Jatim mulai Aisyiah, Nasiatul Aisyiah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Pemuda Muhammadiyah dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut