get app
inews
Aa Read Next : HUT ke-123, Nomor Cantik Jadi Motivasi Pegadaian Lakukan Transformasi untuk Kemajuan Indonesia

Revitalisasi Pendidikan di Era Digital, Transformasi Besar dalam Tata Kelola Akademik

Jum'at, 05 Januari 2024 | 08:32 WIB
header img
Supangat, M.Kom., Ph.D., ITIL., COBIT., CLA, Wakil Dekan I Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Era digital menjadi saksi revolusi dalam akses, distribusi, dan pertukaran informasi secara global. Kemajuan teknologi menciptakan dampak merata, mengubah interaksi, terutama dalam transformasi digital pada sektor pendidikan.

Sebagai istilah kunci, transformasi digital menyoroti bagaimana teknologi digital membentuk kembali berbagai aspek pendidikan, masyarakat, dan industri. Pentingnya memeriksa perubahan besar yang dibawa oleh kemajuan teknologi terus menjadi sorotan, terutama dalam tata kelola akademik lembaga pendidikan.

Lanskap dunia akademik dan teknologi yang terus berkembang menuntut pemahaman komprehensif tentang tren, tantangan, dan peluang di dalamnya. Transformasi tata kelola akademik di era digital membawa peluang besar. Lembaga pendidikan harus bertransformasi untuk membantu peserta didik menemukan identitas mereka dan berperan sebagai 'agent of change' di masyarakat.

Pemanfaatan peluang teknologi dalam tata kelola akademik pada lembaga pendidikan
mencakup seperti meningkatkan pembelajaran terpersonal, analisis data yang cerdas, dan fleksibilitas pembelajaran online. Kolaborasi internasional, inovasi kurikulum, keterlibatan peserta didik atau mahasiswa yang aktif, serta peningkatan evaluasi akademik melalui teknologi juga menjadi fokus penting dalam perubahan ini.

Transformasi akademik menciptakan peluang pada fleksibilitas pembelajaran dalam era digital, di mana peserta didik dapat mengakses materi kapan saja dan di mana saja. Ini memberikan adaptasi pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan individu.

Meskipun peluang besar terbuka lebar, integrasi teknologi dalam pembelajaran dan tata kelola akademik juga membawa sejumlah tantangan yang perlu diatasi agar transformasi akademik di era digital dapat berjalan efektif dan efisien.

Pertama, lembaga pendidikan menghadapi kesulitan utama dalam mengadopsi teknologi secara menyeluruh, khususnya dalam implementasi platform pembelajaran online yang efektif. Tantangan ini memerlukan strategi yang matang untuk memastikan penerapan teknologi 
berjalan lancar.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut