get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Konsumsi Energi Listrik di Jawa Timur Meningkat, PLN Catat Penjualan Mengesankan di Tahun 2023

Jum'at, 12 Januari 2024 | 07:49 WIB
header img
Konsumsi Energi Listrik di Jawa Timur Meningkat. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pada tahun 2023, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mencapai rekor penjualan tenaga listrik sebesar 41,8 GWh, menandai pertumbuhan positif sebesar 3,30% dari tahun sebelumnya.

General Manager PT PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, menyatakan bahwa peningkatan ini merupakan indikator positif dari meningkatnya konsumsi energi listrik oleh 13,7 juta pelanggan.

Dalam laporannya, Agus menjelaskan bahwa penjualan tenaga listrik terbesar secara kumulatif berasal dari segmen tegangan rendah sebesar 24,3 GWh. Sementara itu, penjualan untuk tegangan menengah mencapai 13,94 GWh, dengan pertumbuhan mencolok sebesar 8,28% dibandingkan tahun sebelumnya. Segmen tegangan tinggi juga memberikan kontribusi sebesar 3,67 GWh.

Peningkatan signifikan dalam penjualan tenaga listrik, terutama pada segmen menengah yang menopang sektor bisnis, mencerminkan pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan energi yang terus berkembang di wilayah Jawa Timur.

“Secara kumulatif penjualan tenaga listrik terbesar disumbang dari segmen tegangan rendah sebesar 24,3 GWh sementara tegangan menengah 13,94 GWh dan tegangan tinggi 3,67 GWh. Khusus untuk segmen tegangan menengah yang banyak menopang sektor bisnis tumbuh sebesar 8,28% dari tahun lalu,” papar Agus.

Ia menambahkan pertumbuhan pada segmen industri juga menunjukkan tren positif. Sepanjang tahun 2023, PLN telah memetakan potensi-potensi untuk peningkatan penjualan seperti intensifikasi electrifying lifestyle, electrifying agriculture, dan akuisisi captive power pelanggan industri.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut