get app
inews
Aa Read Next : Menakjubkan, Ini Foto-foto Kemampuan Militer Siswa Dikmata Kodiklatal

Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah Temui Calon Pasukan Elit TNI AL di Tengah Hutan Rimba

Jum'at, 19 Januari 2024 | 09:59 WIB
header img
Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, menemui Siswa Pendidikan Komando Pasukan Katak (Dikkopaska) Angkatan 47. Foto/Dispen Kodiklatal

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) menemui calon pasukan elit TNI AL di tengah hutan rimba, pada Kamis (18/01/2024). Mereka adalah Siswa Pendidikan Komando Pasukan Katak (Dikkopaska) Angkatan 47, yang saat ini mengikuti pendidikan komando Frogman TNI AL, bertempat di Hutan Selogiri, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Kedatangan Nur Alamsyah tersebut guna memastikan situasi dan kondisi dalam keadaan sehat, baik-baik saja dan aman. Dia pun lantas membakar semangat para prajurit terbaiknya.

“Mata kalian sudah menjadi mata pasukan khusus, mata yang mau menelan orang. Ini harus kalian pelihara," tegasnya.

Dankodiklatal bilang, menjadi Prajurit Pasukan Khusus merupakan panggilan jiwa. Ia pun lantas meyakinkan jika pendidikan yang keras dari para pelatih dilalui dengan hati gembira dan semangat, maka tidak akan terasa. Sehingga bisa lulus dengan baik dan aman serta selamat.

Nur Alamsyah menuturkan, medan latih merupakan perwujudan bagaimana prajurit menjalankan tugasnya. Sebagaimana di daerah operasi. Seandainya lepas dua tiga orang dan ditangkap oleh musuh, maka bisa dibayangkan apa yang bakal terjadi. Segala macam perlakuan yang tidak mengenakkan pasti akan diterima.  

"Kalau tidak pernah mengalami di sini, apa yang akan terjadi.  Makanya prajurit di asah betul disini, ditajamkan nalurinya. Di beri pengetahuan semuanya untuk bisa selamat," tuturnya.

Dia berpesan agar para ksatria tersebut tidak pernah mengeluh. Tidak mengatakan ini kurang pantas. "Jangan pernah itu terjadi. Toh saya dan beberapa senior-seniormu itu para pelatihmu melewati ini semua juga," tegasnya kepada siswa.

Nur Alamsyah kembali menegaskan bahwa Kopaka berbeda dengan prajurit-prajurit yang lain. Untuk itu harus bisa menyerap semua yang diberikan para pelatih untuk kebaikan.

"Jangan mengeluh karena tidak akan masuk ilmunya yang diberikan pelatih. Yang harus kamu perkuat adalah dadamu dan kepalamu, keyakinanmu, mentalmu dan cara berpikirmu. Kalau berpikirmu masih berat, mengatakan saya ini apa, pelatih ini apa, putus kalian di jalan," pesan Letjen Marinir Nur Alamsyah pemilik brevet Denjaka ini.

Dalam kunjungannya ini, Dankodiklatal didampingi oleh Ir Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar, Dirdik Kodiklatal Laksma TNI Askari, Dankodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah, Dankodikmar Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Samson Sitohang, Danpusdiksus Kodiklatal Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo, serta Dansekopaska Letkol Laut (S) Bambang Hadi Wijaya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut