get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Investasi Rp17 Miliar, Pemkot Surabaya Ingin RPH Transformasi Jadi Lebih Berkualitas dan Profesional

Jum'at, 19 Januari 2024 | 16:01 WIB
header img
Pemkot Surabaya Ingin RPH melakukan Transformasi dengan menambah investasi sebesar Rp17 miliar. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berkomitmen menyokong PD RPH dengan penambahan modal sekitar Rp17 miliar. Dari dana tersebut, Rp15 miliar dialokasikan untuk Rumah Potong Hewan Sapi "TOW", sementara Rp2 miliar diperuntukkan bagi rumah potong unggas. 

Langkah ini diambil untuk meningkatkan kualitas produk, menjaga kebersihan lingkungan, dan memastikan aspek halal dari produk unggas dan ternak.

Iman Krestian, Kabid Bangunan Gedung DPR KPP, menjelaskan rencana setelah lebaran, RPH Pegirian akan kosong dan akan dijadikan tempat penampungan PKL yang sebelumnya berada di Jalan Nyamplungan. Langkah ini menunjukkan perhatian terhadap relokasi dengan mempersiapkan tempat yang layak.

"RPH Babi dan Sapi sudah memiliki lokasi masing-masing, menempati lahan di belakang kantor kelurahan Tambak Osowilangon. Lahan seluas 1,2 Ha telah dibangun satu bangunan induk, namun perlu penambahan untuk kantor pengelola dan peralatan," ujar Iman Krestian kepada media pada Jumat (19/1/2024). 

Upaya ini tidak hanya memastikan keberlanjutan usaha, tetapi juga memberikan penekanan pada kebersihan dan kehalalan produk hewan yang diolah.

Dia menambahkan, untuk gedung induknya sudah dibangun tahun lalu 2023 dengan anggaran Rp 8 miliar, tahun ini Rp 15 miliar untuk pembangunan kandang, peralatan, kantor pengelola. Dan ini konsepnya semi modern, soalnya PD RPH tidak mau terlalu modern karena masih mempertahankan fungsi jagal-jagal yang ada situ. 

"Kalau terlalu modern nanti nggak padat karya jadinya, kan bisa kalau pakai mesin semua. Tapi RPH tidak mau, tetap memfasilitasi jagal-jagal yang ada di sana. Tetap mempertahankan kearifan lokal," terang Iman. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut