get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Begini Solusi Untuk Pasangan Agar Memiliki Momongan

Tingkat Infertilitas di Indonesia Capai 10-15 Persen, Segera Kenali Pentingnya Scoring Pasangan Muda

Minggu, 04 Februari 2024 | 19:34 WIB
header img
Tingkat Infertilitas di Indonesia Capai 10-15 Persen. Foto iNewsSurabaya/ist

Ada beberapa faktor seseorang mengalami infertilitas. Antara lain, gaya hidup, obesitas, narkoba, hingga sex bebas. Prof Samsulhadi menyebutkan, faktor sosial ekonomi juga ikut memengaruhi. Misalnya, kedua pasangan suami dan istri terpaksa harus bekerja. Sehingga tingkat stress masing-masing pihak naik. 

Konsultan Medis Morula IVF Indonesia Prof Dr dr Budi Santoso SpOG Subsp FER mengungkapkan, gaya hidup menjadi faktor yang penting bagi seseorang terkait fertilitas. Selain itu, lanjut dia, usia pernikahan juga ikut memengaruhi. Misalnya, usia pernikahan di atas 30 tahun atau baru menikah di usia 27 tahun. 

“Yang terpenting, masyarakat ini harus kita edukasi terus. Dengan segala macam bentuk seminar, tulisan, ini harus dicegah. Belum lagi saat menikah sudah terlambat, pasangan masih menunda kehamilan. Karena harus beli mobil atau rumah, sementara usia terus berjalan,” ujarnya. 


Tingkat Infertilitas di Indonesia Capai 10-15 Persen. Foto iNewsSurabaya/ist

Dokter Benediktus Arifin MPH SpOG (K) FICS dari Morula IVF Surabaya mengaku bahwa dirinya kesulitan mencari pasien yang datang dengan usia masih 21. Tak sedikit pasien konsultasi ke dirinya sudah berusia di atas 25 tahun. 

“Morula berusaha menginformasikan ke masyarakat, terutama tenaga kesehatan terkait skor infertility dan pentingnya rujukan. Tujuan lainnya yakni supaya dokter-dokter kandungan tenaga kesehatan lainnya tidak terlambat untuk referral,” jelasnya. 

Dokter dr Jimmy Yanuar Annas SpOG Subsp FER selaku kepala klinik Morula IVF Surabaya menyatakan bahwa usia seorang perempuan juga memiliki peran. Dia menyebutkan, berdasarkan catatannya, pasien-pasien yang datang ke Morula IVF Surabaya dengan kondisi “telat” lumayan tinggi. 

“Salah satu layanan kesehatan yang bisa diambil yakni dengan skrining embrio PGTA untuk mendapatkan embrio terbaik sehingga harapan angka kehamilannya tinggi. Lewat skor infertility, kami berharap bisa berdampak baik,” terangnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut