get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Pertamina dan Kemenparekraf Gelar Temu Bisnis untuk Dorong Pertumbuhan UMKM di Sektor Pariwisata

Jum'at, 08 Maret 2024 | 20:29 WIB
header img
Pertamina dan Kemenparekraf menggekar pertemuan Bisnis untuk Dorong Pertumbuhan UMKM. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Pertamina (Persero) kembali memperkuat kolaborasinya dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam upaya mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. 

Dalam acara Temu Bisnis KENAROK (Kemitraan Nasional Rantai Pasok) XSMEXPO yang digelar pada 7-9 Maret 2024 di Atrium Tunjungan Plaza 6 Surabaya, kedua entitas tersebut berkomitmen untuk memperkuat sinergi antara sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga Uno, dalam pembukaan acara secara hybrid, menekankan pentingnya dukungan dari berbagai pihak untuk mencapai target kunjungan wisman tahun 2024 yang telah ditetapkan antara 11 juta hingga 16 juta kunjungan. 

"UMKM berkontribusi hingga 61% terhadap PDB dan menyerap 97% tenaga kerja di Indonesia, kolaborasi ini menjadi kunci untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi," katanya. 

Salah satu fokus kolaborasi adalah peningkatan produk unggulan sebagai penambah nilai dan daya saing pariwisata. Melalui kegiatan seperti B2B Business Matching yang mengundang potensial buyer dari pelaku usaha besar dan asosiasi usaha, serta B2C Ekraf Expo untuk penjualan produk secara retail kepada pengunjung umum, acara ini memberikan peluang bagi UMKM untuk memperluas pasar dan menciptakan peluang baru bagi industri kreatif.

Acara ini dihadiri oleh 58 UMKM dan 150 industri pariwisata serta ritel, termasuk 15 UMKM binaan Pertamina dari Jawa Timur seperti Rasyida Alam, Namine Goni, Dian Art, dan lainnya. Selain itu, kegiatan Performance Show turut memperkaya pengalaman para pengunjung dengan pertunjukan seni unggulan daerah. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut