get app
inews
Aa Read Next : Bahas Masalah Sandwich Generation, Locker Room Timnas Vol.4 Surabaya Berlangsung Seru!

Sepak Bola Bukan Hanya Bicara Bola, Sihir juga Memiliki Peran

Minggu, 13 Februari 2022 | 13:26 WIB
header img
Sepak Bola tidak hanya bicara mengenai bola belaka namun faktor non teknis juga berperan untuk kemenangan tim

SURABAYA, iNews.id – Sepak Bola tidak hanya bicara mengenai bola belaka. Namun, dalam permainan di Liga maupun Tim Nasional (Timnas) tidak bisa lepas dari sihir atau non teknis untuk memenangkan pertandingan.

Fakta ini terungkap dalam Piala Afrika yang selalu terlihat bukti-bukti sihir. Banyak tim-tim yang memakai keahlian non teknis untuk mendukung timnya bisa menang. Bukti keterlibatan faktor non teknis semakin terlihat dengan berbagai temuan.

Pelatih Zimbabwe yang dipecat tahun lalu, tapi masih ikut mendampingi dan membantu tim di Piala Afrika 2021, Zdravko Logarusic, mengaku telah menemukan hal yang janggal sebelum pertandingan pertama melawan Senegal. Pria asal Kroasia itu menuduh tuan rumah Kamerun melakukan menggunakan ilmu hitam.

Logarusic tidak asal bicara,  Pelatih yang hanya bisa duduk di tribun karena posisinya ditempati Norman Mapeza tersebut tidak asal bicara. Dia memiliki bukti otentik tentang kecurangan tuan rumah. Ia membagikan bukti sebuah foto yang memperlihatkan bangkai kelelawar. Binatang malam itu tergeletak di rumput Kouekong Stadium, Bafoussam, tempat laga pertama Zimbabwe melawan Senegal.

"Pokoknya kami akan mencoba yang terbaik untuk melihat bagaimana keadaannya. Kami telah mencoba yang terbaik sebagai tim teknis untuk memberi sebagian besar pemain di papan atas kesempatan untuk membuktikan diri," kata Logarusic, di situs resmi Piala Afrika sebelum pertandingan.

"Kami pasti akan berusaha yang terbaik. Kami perlu meningkatkan di setiap area permainan, dan mudah-mudahan kami akan berada dalam kondisi yang lebih baik sebagai sebuah tim. Para pemain belum bermain sepakbola selama delapan, sembilan bulan, dan yang pasti setiap aspek permainan mereka perlu ditingkatkan," tambah Logarusic.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut