get app
inews
Aa Read Next : Survei Terbaru Pilgub Jatim 2024 Versi ARCI, Elektabilitas Khofifah Capai 47,2%

Survei ARCI, Elektabilitas Cak Thoriq Unggul di Pilkada Lumajang 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 22:11 WIB
header img
Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengucapkan salam perpisahan kepada seluruh Keluarga Besar Pemerintah Kabupaten Lumajang. Foto/Dok. Kominfo-lmj

LUMAJANG, iNewsSurabaya.id - Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), merilis hasil survei terbarunya untuk Pilkada Lumajang 2024.

Hasilnya, elektabilitas Thoriqul Haq melejit. Bupati Lumajang periode 2018-2023 ini unggul jauh dari Indah Amperawati dan beberapa figur lainnya. 

"Untuk Lumajang Thoriq masih paling unggul, angkanya mencapai 51,6 %," jelas Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI di Hotel Aby Lumajang, Kamis (28/3/2024). Kemudian disusul Indah Amperawati sebesar 32,4 %, As'at Malik 5,9 % dan Faizal R. Jumadi 4,2 %.

Menurut Baihaki, tingginya elektabilitas pria yang akrab disapa Cak Thoriq itu karena tingkat kepuasan masyarakat tinggi terhadap kinerjanya saat menjabat Bupati Lumajang. 

"Pembangunan bagus, seperti pembangunan  bidang insfratruktur salah satunya yang banyak dirasakan oleh masyarakat Lumajang," papar Baihaki. 

Baihaki juga menambahkan saat pihaknya melakukan simulasi dengan dua calon antara Thoriq dan Indah, hasilnya tetap unggul Thoriq 56,8 %, kemudian Indah 35,7% dan yang menjawab tidak tahu 7,5 %. 

Disinggung apakah Thoriq akan berpasangan lagi dengan Indah Amperawati yang sebelumnya menjadi wakilnya, menurut Baihaki keduanya berpotensi maju sendiri-sendiri. 

Survei ARCI ini dilakukan 15-22 Maret 2024 dengan menggunakan Metode Stratified Multistage Random Sampling dengan jumlah sampel dalam survei 1.200 responden dan Margin Of Error kurang lebih 2,8 % pada tingkat kepercayaan 95 %.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut