get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

Capaian Kesalehan Sosial Jawa Timur Meningkat, Terdongkrak oleh Kepedulian Lingkungan

Jum'at, 29 Maret 2024 | 14:52 WIB
header img
Kesalehan Sosial Jawa Timur mengalami peningkatan. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Data terbaru dari Kementerian Agama (Kemenag) RI menunjukkan bahwa Indeks Kesalehan Sosial (IKS) Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada tahun 2023 mencapai 73,63, naik 1,6 poin dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 72,03.

Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, mengungkapkan kegembiraannya atas peningkatan ini, menyebutnya sebagai hasil dari upaya keras dalam mengawal berbagai program pembangunan yang menjadi wujud kesalehan sosial di masyarakat.

Menurut Adhy, kunci di balik peningkatan ini adalah dua Manifestasi Kesalehan Sosial: Dimensi Kepedulian Sosial dan Dimensi Kepedulian Lingkungan Alam. Keduanya mengalami peningkatan yang konsisten setiap tahunnya.

"Peningkatan signifikan terutama terjadi pada Dimensi Kepedulian Lingkungan, yang meningkat sebesar 2,23 poin, serta Dimensi Kepedulian Sosial yang juga mengalami peningkatan," jelas Adhy.

Kesalehan Sosial, seperti yang dijelaskan oleh Adhy, tidak hanya mencakup aspek ketaatan beragama, tetapi juga melibatkan kebaikan terhadap lingkungan sosial dan alam sekitar. "Capaian IKS Jatim merupakan cerminan dari kultur religius yang kuat di masyarakat," tambahnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut