get app
inews
Aa Read Next : Bakal Disandingkan Khofifah pada Pilgub Jatim 2024, Cak Fauzi Malah Bilang Begini!

Kemenhub Setujui Rute Baru Penyeberangan Bali-Raas

Senin, 01 April 2024 | 23:31 WIB
header img
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi menyapa penumpang kapal. Foto: iNewsSurabaya/Lukman

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Usulan Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo untuk membuka rute penyeberangan dari Pelabuhan Celukan Bawang Bali menuju Kecamatan Raas Kabupaten Sumenep disetujui oleh Kementerian Perhubungan atau Kemenhub RI.

Rute baru itu dibuka untuk mengurai penumpukan penumpang di Pelabuhan Jangkar Situbondo yang selama ini menjadi akses utama menuju Pulau Raas. Rute baru itu sudah bisa dilalui oleh masyarakat yang ingin mudik ke kampung halamannya merayakan Idul Fitri.

“Kami mengajukan permohonan agar ada rute dari Bali menuju Kecamatan Raas, karena pada waktu tertentu seperti masyarakat yang berada di luar daerah menjelang dan pasca hari raya pulang ke kampung halamannya. Sehingga tidak kesulitan transportasi laut,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, Senin (1/4/2024).

Dia berharap, dengan tambahan rute penyeberangan Bali-Raas tersebut, akan mempermudah warga kepulauan Sumenep di Bali, yang ingin mudik ke kampung halaman mereka. Menurutnya, pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam bidang transportasi harus diutamakan agar perekonomian mereka bisa berputar. 

"Saat itu kami menyampaikan bahwa Sumenep merupakan Kabupaten yang memiliki banyak pulau, yang membutuhkan sarana transportasi untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” terangnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi mengatakan, pihaknya menyiapkan skenario penambahan rute laut dari Pelabuhan Celukan Bawang Bali menuju Kecamatan (Pulau) Raas.

“Saat ini, dermaga Kecamatan Raas belum memadai untuk semua jenis kapal, jadi kami  menyiapkan kapal negara (Kapal Navigasi/Kapal kerja) yang rencananya mulai melayani masyarakat pada 3 April 2024,” jelasnya.

Kapal yang beroperasi di rute baru bukan kapal penumpang, namun kapal navigasi atau kapal kerja, dalam rangka mengangkut masyarakat saat mudik dan balik lebaran dari Kecamatan Raas. 

“Kami mengharapkan dengan adanya rute baru ini bisa memperlancar arus balik dan mudik lebaran masyarakat Kabupaten Sumenep, dan masyarakat diminta untuk mudik jauh-jauh hari sebelumnya agar tidak terjadi penumpukan penumpang,” tutur Arif. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Sumenep Yayak Nurwahyudi menambahkan, Dirjen Perhubungan Laut telah menyiapkan 4 kapal untuk melayani rute Pelabuhan Celukan Bawang menuju Pelabuhan Raas.

"Namun, sementara ini, kapal itu tidak bisa melayani atau mengangkut kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, hanya untuk orang saja, sehingga masyarakat yang membawa kendaraan bermotor untuk melakukan pelayaran melalui Pelabuhan Jangkar,” pungkasnya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut