get app
inews
Aa Read Next : Ibas Apresiasi Kinerja PGEO Wujudkan Energi Bersih, Ini yang Dilakukan

Pertamina Catat Lonjakan Konsumsi BBM Selama Arus Mudik, Pemakaian Pertamax Series Naik hingga 26,3%

Sabtu, 13 April 2024 | 06:10 WIB
header img
Pembayaran Cashless MyPertamina Kini Semakin Digemari Masyarakat, Selain Praktis Promo Selama Libur Lebaran Juga Membantu Menghemat Pengeluaran. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus mencatat lonjakan signifikan dalam konsumsi BBM selama periode arus mudik tanggal 25 Maret - 11 April 2023. Data menunjukkan bahwa konsumsi BBM Pertamax Series naik sebesar 26,3%, sementara Dex Series mengalami kenaikan sebesar 8,4%. 

Angka ini jauh melampaui prediksi awal, dengan Pertamax Series naik 13,5% dan Dex Series 5,9% dibandingkan dengan konsumsi normal harian.

Ahad Rahedi, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, mengungkapkan bahwa kecenderungan konsumen memilih BBM berkualitas selama momen festive season dan long weekend menjadi faktor utama dalam lonjakan konsumsi. 

"Puncak konsumsi terjadi pada hari Sabtu, 6 April 2024, saat arus mudik mencapai puncaknya, dengan kenaikan 26,8% dari penjualan normal. Kami memperkirakan puncak kedua akan terjadi pada tanggal 13 April 2024 saat arus balik lebaran," ujarnya.

Ahad melanjutkan, disaat wilayah lain kondisi rest areanya mengalami lonjakan traffic pemudik bahkan ada yang sampai di tutup, di Jatimbalinus sendiri kami memonitor kondisi spbu relatif lengang. 

“Beberapa Modular Kiosk (Dispenser Portable), Total ada 15 unit, membantu untuk memecah antrian baik yang ditempatkan di SPBU maupun di rest area tanpa SPBU. Sosialisasi pembayaran cashless yang selama ini digalakkan juga sangat efektif mengurangi antrian,” sambung Ahad.

Meski demikian Ahad mengaku pihaknya tetap siaga dan mengencangkan ikat pinggang pada momen arus balik. “Jatimbalinus akan menjadi titik nol pemudik terutama dari Jatim dan Bali yang akan memulai perjalanan ke Barat. Beberapa titik krusial yang menjadi perhatian hasil koordinasi dengan Dirlantas masing-masing Polda sudah kita antisipasi. Stok BBM dan LPG sudah kita pertebal hingga 30% lebih,” imbuhnya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk mengisi BBM Full Tank di titik awal, dan menggunakan pembayaran cashless untuk mempercepat antrian. Kita saling membantu sesama pemudik agar sampai tujuan dengan selamat dan sesuai waktu yang diharapkan,” pungkas Ahad

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut