get app
inews
Aa Read Next : Cara Menaikkan Reputasi Produk UMKM Agar Bertahan di Tengah Perkembangan Dunia Bisnis

23 Mahasiswa Petra Christian University Surabaya Raih Beasiswa Belajar ke 13 Negara Berbeda

Jum'at, 19 April 2024 | 12:56 WIB
header img
Para awardee dari PCU yang menerima IISMA 2024. Foto/PCU

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sebanyak 23 mahasiswa Petra Christian University atau PCU Surabaya berhasil lolos dalam Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024. 

IISMA merupakan sebuah program beasiswa yang diinisiasi oleh Kemdikbudristek RI (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia). 

Para Petranesian mahasiswa itu berhasil masuk ke 17 kampus berstandar internasional yang berbeda dari 13 negara. 

Kepala International Office atau KUI (Kantor Urusan Internasional) PCU Elisa Christiana menyatakan, IISMA 2024 ini banyak mendapat minat dari mahasiswa PCU. 

“Puji Tuhan, ini merupakan peningkatan yang luar biasa dari tahun-tahun sebelumnya. Ke-23 mahasiswa kami lolos IISMA 2024 dengan skema regular. Masih ada beberapa mahasiswa kami yang dalam proses untuk skema lainnya. Semoga yang lain bisa menyusul,” terangnya.

Para mahasiswa PCU IISMA ini mendapat beasiswa penuh untuk belajar selama satu semester (sekitar 16 minggu) sebagai duta bangsa Indonesia di universitas luar negeri. 

Dari beasiswa tersebut, segala dana pendidikan, transportasi, akomodasi, biaya hidup, visa, asuransi, dan dana darurat, disediakan oleh pemerintah Indonesia. 

Untuk mendapatkan beasiswa yang prestigious ini, mereka bersaing dengan mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia. Pada tahun 2024 sendiri, tercatat ada 8.381 mahasiswa pendaftar IISMA reguler sarjana. Sedangkan yang dinyatakan lolos hanya 1.508 mahasiswa saja. 

“Para awardee ini terdiri dari mahasiswa semester empat hingga enam. Saat mengikuti program IISMA, mereka dapat mengambil mata kuliah yang diminati, tetapi itu harus berbeda dengan yang diambil saat kuliah di universitas asal. Gunanya adalah untuk pengembangan diri,” kata Elisa. 

Tujuan universitas internasional dari ke-23 mahasiswa IISMA PCU ini pun sangat beragam. Ada yang ke benua Asia, Amerika Utara, Eropa, hingga Oceania. Adapun durasi keberangkatannya tergantung jadwal dari kampus yang dituju, atau berbeda-beda tiap mahasiswa. 
“Mereka berangkat antara bulan Juli - September 2024, dan akan pulang sekitar bulan November 2024 - Februari 2025,” ungkap Elisa. 

Alicia Cheney, mahasiswi International Business Management (IBM) PCU merupakan salah satu awardees. Ia akan berangkat ke University of California, Davis, di Amerika Serikat. Alicia sangat bersemangat dengan kesempatan yang akan dijalani awal Agustus ini. 

“Saya sangat ingin mendapat pengetahuan akademis secara global, mengetahui kultur negara lain, traveling, dan networking,” ujar Alicia saat ditanya motivasinya ikut IISMA 2024. 

Gadis yang berangkat ke salah satu kampus di benua Oceania ini mengambil mata kuliah General Psychology, Fundamentals of Organization Management, Introduction to Mass Communication, dan Interpersonal Communication Competence.  

Sementara itu, ada Audie Ferrell Liem Fu Wang, mahasiswa English for Creative Industry (ECI) PCU yang juga awardees IISMA 2024. Ia mengaku sangat bahagia saat bisa lolos. 

“Persiapan saya sudah sejak semester dua. Bahkan saya sudah mengambil semester lima lebih awal, dan tentu saja saling sharing dengan kakak-kakak alumni IISMA PCU,” kata Audie. 

Audie sendiri akan memulai kuliah di KTH Royal Institute of Technology, Swedia, pada Agustus 2024 mendatang. Pria berkacamata itu sementara ini mengambil mata kuliah dengan isu lingkungan, antara lain Technology and Ecosystems, Energy and Geopolitics, dan ⁠Global Development and Political Ecology. 

Bobot mata kuliah di benua Eropa tersebut harus wajib mengambil mata kuliah dengan bobot 30 ECTS (European Credit Transfer and Accumulation System), atau setara dengan 20 SKS di PCU. 

“Sebagai mahasiswa ECI, saya ingin berkontribusi langsung ke pembangunan bangsa secara berkelanjutan. Sehingga sangat penting untuk saya mengembangkan kompetensi interdisipliner di bidang sustainability,” tutup Audie yang rencananya ingin studi lanjut di bidang Hubungan Internasional, atau Ilmu Politik dengan konsentrasi renewable energy dan policymaking. 

Rektor PCU, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., mengungkapkan rasa bangganya. “Selamat pada 23 mahasiswa PCU yang berhasil mendapatkan beasiswa penuh, study abroad, selama satu semester melalui skema reguler IISMA dari Kemdikbudristek RI. Kami ucapkan terima kasih kepada Kemdikbudristek untuk beasiswa yang sangat prestigious ini. Selamat berproses menjadi Global Socioleader. We are so proud of you!” kata Djwantoro di kantornya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut