get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Perjalanan Haji Indonesia Era Kolonial Belanda

Ribuan Calon Jamaah Haji Jombang Positif Berangkat Tahun Ini, Ini Sosok Termuda dan Tertua

Sabtu, 20 April 2024 | 19:46 WIB
header img
Para calon haji Jombang tahun 2024. Foto iNewsMojokerto/ZainulArifin

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Kepala Kemenag Kabupaten Jombang, Muhajir mengatakan kurang lebih 1.166 orang calon jemaah haji prioritas lansia dan pendamping direncanakan berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun ini.

Muhajir mengatakan jumlah calon jemaah dan pendamping laki-laki adalah 520 orang sedangkan perempuan dan pendamping berjumlah 646 orang. Namun, ia menyebut, jumlah calon haji itu sewaktu-waktu dapat berubah.

"Jemaah tertua yang akan berangkat adalah Ibu Rochmah (89), lahir pada 19 Maret 1935. Sedangkan jamaah termuda adalah saudara Imrulloh Amiq (18) yang lahir pada 19 Juli 2005," kata Muhajir saat Bimbingan Manasik Haji Reguler 2024M/1445H ke-1 di Auditorium Universitas Darul Ulum (Undar) l, Jumat (19/4/2024)

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Jombang Sugiat menyampaikan ucapan selamat kepada 1166 jamaah haji yang akan berangkat ke Madinah dan Mekah pada tahun ini. Memperoleh kesempatan menunaikan ibadah haji adalah anugerah luar biasa dari Allah SWT.

"Perjuangan yang telah anda lalui melalui penantian dengan penuh kesabaran dan ketabahan untuk mencapai tahap ini, sejalan dengan doa-doa yang tak pernah putus, akhirnya membuahkan hasil," kata Sugiat.

Ia menyampaikan, Ibadah Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat muslim yang mampu secara fisik, mental, materi. Haji bukan sekedar perjalanan fisik ke tanah suci, namun juga merupakan perjalanan spiritual yang membangkitkan kesadaran akan pentingnya taqwa, kesabaran, dan kesabaran dalam menghadapi ujian dan cobaan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut