get app
inews
Aa Read Next : KKP Genjot Investasi Sektor Perikanan Tuna, Potensi di Jawa Timur Sangat Besar!

Perjalanan Haji Lebih Hemat dengan Makkah Route, Begini Pernyataan Direktur Jenderal Imigrasi

Minggu, 12 Mei 2024 | 20:08 WIB
header img
Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, memastikan proses pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) melalui Makkah Route berjalan mulus. Foto iNewsSurabaya/humas kemenkumham jatim

SOLO, iNewsSurabaya.id - Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, memastikan proses pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) melalui Makkah Route berjalan mulus. Dalam pelepasan kloter pertama di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Silmy memantau kesiapan petugas imigrasi dan kerja sama Makkah Route.

"Saya bersyukur pelaksanaannya cukup lancar. Di Solo dan Surabaya, ini kali pertama Makkah Route diterapkan, dan kami memastikan semuanya berjalan baik," ujar Silmy di Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Tahun ini, sebanyak 114.186 JCH dari berbagai bandara keberangkatan memperoleh fasilitas pemeriksaan keimigrasian pra kedatangan dari otoritas imigrasi Kerajaan Arab Saudi melalui Makkah Route. Ini mencakup 47% dari total JCH asal Indonesia yang akan berangkat dari 13 embarkasi di seluruh Indonesia.

Makkah Route memindahkan proses keimigrasian dari bandara kedatangan di Arab Saudi ke bandara keberangkatan di Indonesia, menghemat waktu dan tenaga JCH. Layanan ini telah diterapkan sejak 2018 di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta.

Tahun ini, Makkah Route diperluas hingga embarkasi Solo dan Surabaya dengan pembagian keberangkatan menjadi dua gelombang. Gelombang I menuju Madinah dari 12 hingga 23 Mei 2024, sementara Gelombang II menuju Jeddah dari 24 Mei hingga 10 Juni 2024.

Silmy juga mencatat upaya untuk menjadikan Makkah Route resiprokal, dengan petugas imigrasi Indonesia standby di Madinah atau Jeddah untuk pemeriksaan pra kepulangan.

Dengan Makkah Route, perjalanan haji semakin terfasilitasi dan efisien bagi para Jemaah Calon Haji, mengurangi kerumitan proses imigrasi dan memastikan pengalaman haji yang lancar dan bermakna.

Di tahun 2024 sebanyak 114.186 Jemaah Calon Haji (JCH) dari bandara keberangkatan Soekarno Hatta - Jakarta, Adi Soemarmo - Solo dan Juanda - Surabaya
memperoleh kemudahan fasilitas pemeriksaan keimigrasian pra kedatangan dari otoritas imigrasi Kerajaan Arab Saudi (KSA) melalui skema Makkah Route.

Jumlah tersebut meliputi 47% dari keseluruhan JCH asal Indonesia yang berjumlah 241.000 orang yang akan diberangkatkan dari 13 embarkasi. Di antaranya adalah Bandara Sultan Iskandar Muda - Aceh, Bandara Kuala Namu - Medan, Bandara Minangkabau - Padang, Bandara Hang Nadim - Batam, Bandara SM. Badaruddin -Palembang, Bandara Soekarno Hatta - Jakarta, Bandara Kertajati - Cirebon, BandarabJuanda - Surabaya, Bandara Sepinggan - Balikpapan, Bandara Syamsudin Noor -Banjarmasin, Bandara Zainuddin Abdul Madjid - Lombok serta Bandara Sultan
Hasanudin - Makassar, Bandara Adi Sumarmo - Solo Surakarta.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut