get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Suguhkan Keistimewaan Jatim di Welcome Dinner ASEAN University Games 2024

Pj Gubernur Jawa Timur Dorong Semangat Juara di Rakerprov KONI Jatim

Senin, 13 Mei 2024 | 09:28 WIB
header img
Pj Gubernur Jawa Timur Dorong Semangat Juara KONI Jatim. Foto iNewsSurabaya/hendro

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menghadirkan semangat juang dalam Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur Tahun 2024 yang digelar di Harris Hotel and Convention Surabaya pada Senin (29/4).

Dalam pidatonya, Pj. Gubernur Adhy mengajak seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk berperan aktif dalam membangun prestasi atlet di daerah tersebut, terutama dalam rangka persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh-Sumut. Upaya ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kemajuan olahraga Jawa Timur.

"Kita masih memiliki waktu untuk meningkatkan prestasi di PON mendatang. Pemerintah Provinsi Jawa Timur ingin terlibat aktif dalam hal ini. Keberhasilan Pengprov, KONI, dan para atlet merupakan kebanggaan dan kewajiban bagi pemerintah," ungkapnya.

Adhy juga menyampaikan niatnya untuk melibatkan Kepala OPD dalam mendampingi para atlet sepanjang proses persiapan, dengan penugasan yang disesuaikan berdasarkan minat, kemampuan, pengalaman, dan sumber daya dari masing-masing OPD.

Selain pendampingan, Adhy juga menyoroti pentingnya mengidentifikasi dan menyelesaikan kendala yang mungkin timbul dalam persiapan atlet.

"Saya berharap bahwa para atlet dari berbagai cabang olahraga dapat berlatih secara maksimal tanpa kendala apapun," katanya.

Adhy menegaskan bahwa Jawa Timur bertekad untuk menjadi juara umum di PON XXI 2024, dan untuk mencapai tujuan tersebut, ia berkomitmen untuk memantau perkembangan setiap cabang olahraga secara detail dan menganalisis kebutuhannya.

"Dengan rapat kerja ini, kita dapat mengevaluasi perjalanan kita pada tahun 2023 dan merencanakan langkah-langkah untuk tahun 2024, termasuk PON XXI 2024, Olimpiade Paris 2024, dan Porprov ke-11 tahun 2025 di Malang Raya. Ini juga untuk menyatukan visi misi kita," tambahnya.

Adhy juga memberikan apresiasi kepada seluruh kinerja KONI dan Pengprov di seluruh cabang olahraga serta KONI Kabupaten/Kota, dengan menggarisbawahi pentingnya solidaritas dan dukungan antar sesama.

"Kita harus bersatu dan saling mendukung demi meningkatkan prestasi olahraga Jawa Timur," tegasnya.

Selain itu, Adhy juga menyoroti pentingnya memberikan perhatian kepada para atlet yang telah memberikan kebanggaan bagi Indonesia dan Jawa Timur, terutama dalam hal perbaikan kondisi sosial dan ekonomi mereka setelah pensiun.

"Kita perlu memberikan perhatian khusus kepada para atlet yang telah berjasa bagi negara dan daerah, termasuk melalui bantuan sosial dan pemberdayaan ekonomi," ujarnya.

Adhy mengakhiri pidatonya dengan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada atlet-atlet Jawa Timur, termasuk dari jajaran Pengurus KONI Pusat.

"Dengan semangat wani (berani) menang, mari kita raih Juara Umum PON 2024," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Letjend TNI (Purn) Marciano Norman mengatakan bahwa dukungan dari Pj. Gubernur dan jajaran Pemprov Jatim terhadap kesiapan para atlet Jatim menghadapi PON 2024 Aceh-Sumut mendatang sangat luar biasa. 

Untuk itu Marciano berharap agar dukungan ini bisa dipertanggungjawabkan para atlet Jatim dengan memberikan prestasi yang membanggakan dari PON sebelumnya.

“Persiapan PON 2024 semakin dekat. Pemusatan latihan daerah juga sudah dilakukan. Sehingga apa yang diharapkan Pak Nabil (Ketua KONI Jatim) atas dukungan Pak Pj Gubernur dan jajarannya ini menjadi faktor yang sangat-sangat menentukan,” katanya.

Marciano melihat, dengan kebersamaan dan strategi yang tepat, moril atlet yang luar biasa, serta  dukungan Pemprov Jatim yang luar biasa, maka kesempatan Provinsi Jatim menjadi Juara Umum PON 2024 Aceh-Sumut mendatang adalah bukan hal yang mustahil.

“Saya bangga melihat KONI Jatim dalam persiapannya mendapatkan dukungan yang tidak separo-separo dari Pj Gubernur dan jajarannya. Ini harus kita berikan apresiasi dan kembalikan hal itu dalam bentuk prestasi,” katanya.

Sebelumnya dalam laporannya, Ketua Umum KONI Jatim M. Nabil menyampaikan bahwa rakerprov ini diikuti 29 Pengprov dan 38 KONI Kabupaten/Kota. Rakerprov ini dilaksanakan untuk melakukan evaluasi perjalanan 2023 dan rencana pada 2024 mendatang.

“Rencana besar kita adalah di PON 2024 yang nantinya akan memperebutkan 1.048 nomor. Kita harus berupaya memberikan yang terbaik untuk Jatim serta untuk Indonesia” katanya.

Dalam kesempatan ini, Nabil juga mengatakan bahwa KONI Jatim akan mengesahkan 4 cabang olahraga (cabor) untuk menjadi anggota KONI Jatim. Yakni Modern Pentathlon Indonesia (MPI), pickleball, Kabaddi, dan ice skatting.

“Kami juga mohon dengan sangat, agar Bapak Pj. Gubernur bisa menjadi komandan kontingen atlet Jatim pada PON XXI 2024 Sumatera Utara-Aceh mendatang,” pungkasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut