get app
inews
Aa Read Next : Pencuri Penambat Rel Kereta Api Ditangkap Saat Beraksi di Beji Pasuruan

Libur Panjang Waisak, Pelanggan KAI Daop 8 Surabaya Meningkat 32 Persen

Senin, 27 Mei 2024 | 11:41 WIB
header img
Kepadatan penumpang di Stasiun Kereta Api Surabaya Gubeng pada libur Hari Raya Waisak dan cuti bersama akhir pekan. Foto/KAI

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatatkan peningkatan volume pelanggan KA jarak jauh pada libur Hari Raya Waisak dan cuti bersama akhir pekan, mulai 23-26 Mei 2024. 

Pelanggan yang berangkat dari wilayah KAI Daop 8 Surabaya periode 22-26 Mei 2024 tercatat sebesar 96.164 pelanggan. Jumlah ini meningkat sebesar 32% atau 23.519 pelanggan, dibanding periode yang sama minggu sebelumnya yang tercatat 69.354 pelanggan.

Sedangkan pelanggan yang turun di wilayah Daop 8 Surabaya tercatat 86.093 pelanggan. Angka ini juga mengalami peningkatan 28% atau 19.577 pelanggan, dibanding periode sama minggu sebelumnya yang tercatat 69.354 pelanggan.

Puncak kepadatan keberangkatan pada periode libur panjang akhir pekan tersebut yaitu pada Kamis (23/5) dengan jumlah pelanggan sebanyak 21.250 pelanggan. Sedangkan pelanggan yang turun di Daop 8, sekaligus yang tertinggi, terjadi pada Minggu (26/5) dengan jumlah pelanggan sebanyak 20.549 pelanggan.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan bahwa para pelanggan di Daop 8 Surabaya didominasi dengan KA tujuan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi.

Adapun 5 KA jarak jauh paling favorit keberangkatan dari Daop 8 Surabaya antara lain KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen, KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir, KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta, KA Malabar relasi Malang - Bandung, dan KA Tawangalun relasi Malang Kotalama - Ketapang.

Lebih lanjut, Luqman Arif mengungkapkan, bahwa peningkatan volume pelanggan KA jarak jauh ini merupakan bentuk kepercayaan masyarakat terhadap transportasi kereta api, yang menjadikannya sebuah pilihan utama dalam melakukan mobilitas, terutama pada libur panjang akhir pekan.

Menurutnya, transportasi kereta api memiliki beberapa kelebihan dibanding transportasi darat lainnya. Seperti keselamatan perjalanan kereta api, kenyamanan pelanggan, kemudahan dalam menggunakan fasilitas yang ada, ketepatan waktu, bebas kemacetan, hingga mengurangi potensi kecelakaan dijalan raya.

KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan KA jarak jauh atas kepercayaannya telah menggunakan transportasi kereta api dalam mendukung mobilitasnya, khususnya selama libur panjang akhir pekan Waisak.

"Kami akan terus berkomitmen menyediakan angkutan kereta api yang aman, selamat, nyaman, dan tepat waktu," pungkas Luqman Arif.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut