JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia Bandar Seri Begawan (KBRI BSB), PT Pegadaian membawa UMKM pilihan dalam ajang Indonesia Halal Expo, Consumer Fair yang berlangsung dari 26 hingga 30 Juni 2024 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.
Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Achmad Ubaedillah, secara resmi membuka pameran ini. Kehadiran Yang Mulia Pengiran Mohammad Amirrizal bin Pengiran Haji Mahmud, Setiausaha Tetap Kementerian Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Brunei Darussalam, menambah kemeriahan acara ini.
Dalam pameran ini, berbagai produk unggulan Indonesia dipamerkan, mulai dari makanan dan minuman khas daerah, obat-obatan, kosmetik, hingga pakaian Muslim karya perancang busana Tanah Air. Selain PT Pegadaian, Asosiasi Pengusaha Indonesia di Brunei (Indonesia Business Chamber/IBC) dan Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam (PERMAI) juga turut berpartisipasi.
PT Pegadaian membawa Mitra Binaan Pilihan hasil kurasi Program Pemberdayaan UMKM Pegadaian atau yang dikenal dengan program GadePreneur. Produk-produk yang dipamerkan meliputi UMKM fashion dan makanan.
Selama pameran yang berlangsung lima hari, PT Pegadaian juga menghadiri Jamuan Makan Malam yang diadakan oleh KBRI BSB di Hotel Rizqun Brunei pada hari kedua. Jamuan ini menjadi momen penting bagi PT Pegadaian untuk menjalin hubungan dan mengeksplorasi peluang bisnis di Brunei Darussalam.
PT Pegadaian turut serta dalam panel diskusi yang dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Wakil Kepala Perwakilan Indonesia di Brunei, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (BKSAP DPR RI) Dr. H. Fadli Zon, SS, M.Sc., dan perwakilan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).
Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini membuka pintu bagi UMKM untuk masuk ke pasar halal global.
“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus mendukung UMKM naik kelas. Harapannya, UMKM khususnya binaan PT Pegadaian dapat memanfaatkan pasar halal global untuk meningkatkan penjualan dan daya saing merek lokal di tingkat internasional,” ujar Damar pada 30 Juni.
Melalui kegiatan ini, Pegadaian juga berupaya mempromosikan UMKM Indonesia dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Diharapkan, UMKM binaan Pegadaian dapat berpartisipasi dan bersaing di pasar halal global, khususnya di Asia Tenggara, hingga mendunia.
Editor : Arif Ardliyanto