get app
inews
Aa Read Next : Serangan Raid Darat Marinir Bikin Musuh Lengah dan Terkejut

Prajurit Korps Marinir Indonesia dan Amerika Serbu Perkampungan di Situbondo

Rabu, 17 Juli 2024 | 21:22 WIB
header img
Korps Marinir Indonesia dan Amerika Serikat (USMC) menyerbu perkampungan di Situbondo, Jawa Timur, Rabu (17/07/2024). Foto/Dispen Kormar

SITUBONDO, iNewsSurabaya.id - Prajurit Korps Marinir Indonesia dan Amerika Serikat (USMC) menyerbu perkampungan di Situbondo, Jawa Timur, Rabu (17/07/2024).

Aksi tersebut merupakan rangkaian  Latihan Bersama (Latma) Platoon Exchange (PLATEX) 2024 antara TNI AL, KORMAR dengan USMC/I MEF, Prajurit Korps Marinir Indonesia dan USMC yang dipusatkan di Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo.

Penyerbuan kampung sendiri merupakan praktek untuk memperdalam materi Pengepungan dan Pembersihan Kampung (Pungsipung) serta pengepungan dan penggeledahan rumah (Pungdahmah) yang dilaksanakan malam maupun siang hari.

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Roni Saputra, selaku Komandan Satgas Latma Platex 2024 menyampaikan, untuk melakukan aksi ini, prajurit wajib memiliki kemampuan pergerakan cepat dan senyap. Selain itu juga, proses pungdahmah juga harus dilakukan secara rahasia.

"Hal ini untuk menjaga kerahasiaan agar informasi serangan tidak bocor ke telinga musuh," terangnya.

Letkol Marinir Roni Saputra melanjutkan bahwa latihan ini juga merupakan bagian dari upaya terus-menerus dalam meningkatkan keterampilan prajurit dalam menjalankan tugas di berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan.

"Prajurit diajarkan berbagai keterampilan, diantaranya cara mengamati, mendekati, serta pengepungan dan penggeledahan sebuah kampung hingga rumah sebagai sasaran tempat persembunyian musuh," tegasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut