get app
inews
Aa Read Next : PKS Jatim Gerakkan Kader Milenial dan Gen Z untuk Pemenangan Khofifah-Emil

Survei Pilgub Jatim Proximity, Elektabilitas Khofifah Tembus 55,8%, Risma 21,8%

Kamis, 18 Juli 2024 | 12:47 WIB
header img
Elektabilitas Khofifah Tembus 55,8%, sementara Risma 21,8%. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Lembaga Survei Proximity Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait peta elektoral Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024. Nama petahana Khofifah Indar Parawansa masih unggul di semua aspek survei.

"Khofifah Indar Parawansa unggul baik dalam pertanyaan terbuka (top of mind) ataupun tertutup (simulasi beberapa nama)," kata CEO Proximity Indonesia Whima Edy Nugroho dalam keterangannya, Kamis (18/7/2024).

Dalam survei Proximity Indonesia pada kuesioner pertanyaan tertutup terkait elektabilitas (tingkat keterpilihan) terhadap 18 tokoh yang berpeluang maju sebagai gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa unggul jauh di angka 55,8%. 

Selanjutnya ada nama Tri Rismaharini (Risma) di angka 21,80% disusul Said Abdullah di angka 3%. Lalu ada nama KH Marzuki Mustamar 2,1%, Azwar Anas 1,5%, Emil Dardak 0,9%, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di angka 0,8%, Thoriqul Haq 0,1%, Hanindhito Himawan 0,1%, Badrut Tamam 0,1%, Achmad Fauzi 0,1%. Sementara 7 nama lainnya tidak dipilih, dan sebanyak 13,7% responden belum menentukan pilihan/belum menjawab.

Kemudian pada survei Proximity Indonesia pertanyaan tertutup simulasi 12 nama/tokoh yang dipilih menjadi Gubernur Jatim, Khofifah semakin menguat.

"Khofifah Indar Parawansa yang seorang petahana masih menjadi tokoh yang paling banyak mendapatkan dukungan dengan presentase 58,5 persen. Dalam simulasi delapan dan lima calon pun Khofifah Indarparawansa masih tetap unggul dengan persentase lebih dari 50 persen," jelas Whima.

Proximity Indonesia juga melakukan simulasi terhadap 10 nama tokoh potensial sebagai Wagub Jatim. Hasilnya Emil Dardak menjadi tokoh yang unggul dengan presentase 59,5%, disusul oleh KH Marzuki Mustamar 5,9%, Abdullah Azwar Anas 2,3%, dan Thoriqul Haq 2,1%. Adapun nama lainnya mendapatkan persentase kurang dari 5 persen. 

"Dalam simulasi elektabilitas tujuh dan lima calon sebagai wakil gubernur, nama Emil Dardak masih menjadi yang terunggul mengalahkan nama lainya dengan persentase di atas 50 persen," tambah Whima.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut