get app
inews
Aa Read Next : Emil Dardak Sebut Koperasi Harus Jadi Sokoguru Perekonomian Bangsa

Ribuan Anggota Koperasi Meriahkan Gebyar Puncak Hari Koperasi Ke-77, Ini Pesan Ketum Dekopin

Selasa, 23 Juli 2024 | 12:15 WIB
header img
Puncak Peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-77 Provinsi Jawa Timur di gelar oleh Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jawa Timur. Foto/iNewsSurabaya

BATU, iNewsSurabaya.id - Gebyar Puncak Peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-77 Provinsi Jawa Timur di gelar oleh Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jawa Timur di Hotel Selecta - Kota Batu, pada Senin (22/7/2024).

Sedikitnya 1500 orang gerakan koperasi di Jawa Timur tumpah ruwah memerihakannya. Sehari sebelumnya, Harkop Ke -77 di selenggarakan Sarasehan yang dihadiri oleh mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan Bazar Produk UMKM dan koperasi. 

Ketua Umum Dekopin, Dr. Sri Untari Bisowarno mengungkapkan bahwa koperasi tidak perlu takut atas berbagai tantangan dan persoalan yang selama ini cendrung mengancam keberlangsungan koperasi. 

Menurutnya, Dekopin sebagai organisasi tunggal gerakan koperasi memiliki fungsi advokasi akan terus memperjuangkannya.

"Dekopin itu memiliki fungsi Advokasi, Edukasi dan Fasilitasi. Jika ada persoalan yang berkaitan dengan koperasi, tentunya Dekopin tidak akan tinggal diam. Kami akan terus memperjuangkannya. Jika melalui jalur hukum kami masih belum berhasil, kami akan menempuh jalur yang lain," ujar Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur tersebut.

Sri Untari berharap gerakan koperasi perlu menyiapkan SDM yang tangguh dan mumpuni terutama yang mampu beradaptasi terhadap teknologi.
Tidak hanya itu, kaderisasi pun juga mendapat perhatian Sri Untari. Menurutnya, gerakan koperasi menyiapkam kader-kader koperasi srjak dini agar menjaga keberlangsungan koperasi kedepan.

"Kita harus menyiapkan SDM dan kader koperasi yang memiliki kemampuan dalam beradaptasi dengan teknologi agar koperasi mampu bersaing dengan badan usaha yang lain," ungkapnya.

Sri Untari mengapresiasi Dekopinwil Jatim yang telah melakukan fungsi fasilitasi dengan melakukan MoU dengan berbagai pihak untuk meningkatnya usaha koperasi. 

Pada kesempatan tersebut ditantangani MoU antara Dekopinwil Jatim dengan PT.Telkomsel, PT. Arsynergy Nix Indonesia, Dekopinwil Sulawesi Utara dan memfasilitasi MoU antar KUD Sulawesi Utara dengan Koperasi Berkah Telur Blitar.

"Saya mengapresiasi langkah Dekopinwil Jatim yang telah memfasilitasi MoU dengan beberapa pihak. Ini sangat luar biasa dan menarik. Tentu langkah ini akan sangat menguntungkan dan meningkatkan usaha koperasi," kata dia.

Sementara itu, Ketua Dekopin wilayah Jatim, Slamet Sutanto mengatakan bahwa MoU tersebut merupakan solusi atas berbagai tantangan yang selama ini dihadapi koperasi. Pihaknya optimis, melalui MoU tersebut akan meningkatkan posisi koperasi semakin strategis.

MoU tersebut merupakan solusi dan jawaban atas tantangan yang saat ini dihadapi oleh koperasi. 

"Saya yakin, kedepan koperasi akan menjadi primadona yang akan diminati oleh berbagai pihak. Intinya adalah selama kerjasamanya menguntungkan kedua belah pihak, kami akan menyutujuinya," tuturnya.

Untuk meningkatkan kualitas SDM, pihaknya punya tools yaitu Lapenkop. Kami akan melakukan edukasi secara berkelanjutan dan massif. 

"Kami pun juga tidak akan pernah lelah untuk melakukan advokasi terhadap permasalahan koperasi. Berbagai cara akan kami tempuh," tegasnya.

Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, dalam sambutannya meyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi di Kota Batu, khususnya UMKM, tidak terlepas dari peran koperasi

“Salah satu ikon di Kota Batu adalah UMKM dan koperasi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya mayoritas potensi ekonomi di Kota Batu adalah koperasi yang menaungi pariwisata, pertanian, dan UMKM," ungkap Aries.

Aries juga berharap, tumbuh kembang koperasi di Indonesia, khususnya Provinsi Jawa Timur, dapat membawa pertumbuhan ekonomi masyarakat ke arah yang positif. 

“Kami berharap Provinsi Jawa Timur dapat selalu menjadi kiblat koperasi di Indonesia, sehingga menjadi motivasi dan pendukung bagi ekonomi masyarakat,” tutup Aries.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut